10 Jenis Ikan Tawar Paling Mengerikan Di Dunia

10 Jenis Ikan Tawar Paling Mengerikan Di Dunia

Pada tahun 2018 bulan juni, ikan Arapaima gigas menjadi buah bibir masyarakat. Mengapa demikian? Ada salah satu oknum yang tidak bertanggung jawab melepaskan ikan Araipama gigas di Sungai Brantas, Mojokerto, Jawa Timur.

Sehingga Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 41 Tahun 2014 mengeluarkan peraturan agar ikan air tawar endemik sungai amazon di Amerika Selatan, sejatinya sudah dilarang masuk di wilayah Indonesia. Namun ada pihak yang tidak bertanggung jawab melepaskan ikan Araipama gigas.

Dimana-mana publik membicarakan ikan araipama gigas yang sangat ganas ini. Karena ikan tersebut sangat berbahaya bagi ikan asli di Indonesia. Ikan Araipama ini memiliki sifat yang predator, yang memangsa berbagai makhluk hidup di laut seperti udang, katak, hingga burung yang beterbangan di perairan laut pun dimakan.

Berbicara mengenai ikan tawar, kami ada 10 jenis ikan tawar yang paling ganas di dunia!! Simak dibawah ini hingga tuntas.

  1. Ikan Piranha

Ikan air tawar yang hidup di wilayah sungai amazon merupakan ikan yang paling berbahaya. Karena ikan piranha merupakan ikan karnivora/pemakan daging.

Ikan piranha ini selalu memangsa sekelompok satwa yang ada di perairan. Dan buat kamu yang memelihara ikan piranha masih kecil di akuarium, tak heran jika ikan ini melahap dengan cepat umpan yang telah kamu berikan.

 

  1. Belut Listrik

Belut yang satu ini bukan merupakan belut sejati, melainkan jenis ikan todak. Sama seperti ikan piranha, ikan ini juga berada di perairan sungai amazon dan lembah orinoco Amerika Selatan. Nama lain dari belut listrik ialah Electrophorus electricius yang bisa menghasilkan listrik hingga 650 volt dan panjang tubuhnya mencapai 2.5 meter dengan beratnya sekitar 20 kilogram.

 

  1. Ikan Kepala Ular

Salah satu ikan yang cukup ditakuti oleh masyarakat, karena ikan ini termasuk predator yang bisa memangsa invertebrata, katak, dan ikan yang berukuran kecil-kecil. Ikan ini bisa dinamakan kepala ular karena bentuk kepalanya persis menyerupai kepala ular.

 

  1. Ikan Macan

Ikan air tawar yang satu ini hidup di perairan Afrika dan memiliki spesies terbesar. Ukuran panjang nya juga sekitar 1.5 meter dan berat nya hingga 50 kilogram. Tahukah kamu?? Ikan ini memiliki gigi yang sangat tajam dan pemakan daging sekalipun berukuran besar, ikan ini tetap menyantapnya dengan cepat.

 

  1. Ikan Muskellunge

Merupakan raja dari habitat air tawar di Amerika Utara. Tubuhnya bisa mencapai 1.8 meter dan beratnya mencapai 32 kilogram. Ikan muskellunge ini bisa menarik mangsanya ke bawah air.

 

  1. Hiu Banteng

Kamu bisa menemukan ikan ini di perairan yang dangkal dan hangat di sepanjang pantai. Hiu benteng mampu memertahankan dirinya di air tawar atau di sungai, sehingga bisa membahayakan manusia. Yang biasa di makan oleh hiu benteng ini seperti penyu, burung, kerang, ikan, udang-udangan, hingga mamalia yang ada di daratpun bisa dimakan oleh ikan yang sangat ganas ini.

 

  1. Ikan Pari Air Tawar Raksasa

Sudah banyak yang mengetahui ikan ini berada di sungai-sunagi Asia Tenggara dan Australia Utara. Yang memiliki panjang hingga 5 meter dan berat 600 kilogram. Yang harus kamu ketahui ialah tubuhnya memiliki duri di pangkal ekor hingga 28 cm.

 

  1. Ikan Payara

Yang biasa disebut sebagai ikan vampir ini berada di perairan air tawar Amerika Selatan. Ciri khas dari ikan ini memiliki taring bawah yang sangat panjang dan tajam.

 

  1. Ikan Candiru

Walaupun ikan ini berukuran kecil, sekitar 15 cm. Namun ikan ini menjadi ikan yang sangat berbahaya bagi manusia. Karena ikan ini bisa masuk ke dalam tubuh manusia dan bisa merusak organ tubuh seperti vagina atau saluran kencing. Dan hanya bisa dikeluarkan dengan cara operasi.

 

  1. Aligator Gar

Merupakan ikan terbesar di dunia yang bisa mencapai berat hingga 100 kg dengan panjang 2.5 meter. Biasanya ikan ini memakan seperti, buaya kecil, ikan kecil, serangga, hingga mamalia yang hidup di air. Ikan ini memiliki sifat yang sangat agresif. Meski belum ada laporan bisa menyerang manusia, namun giginya sangat tajam dan menyeramkan.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *