4 Jenis Ikan Pembersih Aquarium !

Bagi kalian yang memelihara ikan di aquarium, pasti sangat tidak menyukai ketika aquarium kita dipenuhi oleh lumut yang menggangu keindahan isi dari aquarium kita, namun kalian tidak perlu khawatir karena banyaknya ikan pemakan lumut yang dapat ditambahkan di aquarium untuk membersihkan lumut dan kotoran, Tapi tidak semua ikan dapat memakan lumut maka dari itu mari kita ikuti ulasan jenis ikan yang bisa memakan lumut .

Otocinclus Affinis

Otocinclus Affinis memiliki sebutan lain yaitu Ottocinclus SP, ikan ini termasuk ikan yang cinta damai sehingga ikan ini dapat hidup dengan berbagai ikan hias aquarium lain nya. Meskipun mempunyai ukuran yang kecil , ikan ini termasuk ikan yang mempunyai perawatan yang sulit dikarenakan ikan ini dapat makan ganggang dengan jumlah yang cukup banyak namun ikan ini sangat membantu untuk mengurangi atau membersihkan lumut maupun kotoran yang ada di dalam aquarium kalian .

Ikan Platy

Ikan platy merupakan salah 1 jenis ikan yang digemari oleh penggemar ikan hias ,selain karena perawatan ikan jenis ini yang termasuk cukup mudah, ikan ini memiliki bentuk tubuh yang mungil dan mempunyai corak warna yang menarik, selain itu ikan platy sangat mudah berkembang biak.

Akan Tetapi ikan ini cenderung kanibal terhadap anak-anak nya, oleh karena itu ada baiknya kita memisahkan anak nya terlebih dahulu setelah menetas .

Chinese Algae Eater

Ikan Ini mempunyai nama lain yaitu lemon algae eater karena warna ikan pemakan lumut ini kuning seperti lemon . Ikan ini termasuk ke dalam jenis ikan pemakan tumbuhan atau herbivora yang bisa memakan lumut, ikan ini hanya memakan lumut ketika masih kecil saja bahkan sangat efektif untuk membersihkan lumut yang ada di dalam aquarium, namun ketika sudah besar, ikan ini akan berhenti memakan lumut dan bersifat agresif yang dapat menggangu ikan lain nya .

 

Siamese Algae Eater

Siaemese algae eater merupakan ikan yang sangat populer untuk digunakan sebagai pembersih lumut serta kotoran yang ada di dalam aquarium . Ikan ini termasuk ikan yang mudah di rawat, karena bisa memakan beberapa jenis makanan termasuk cacing pipih yang dapat menggangu kesehatan ikan di aquarium. Oleh karena itu, ikan jenis ini menjadi sangat populer di kalangan pecinta ikan hias di aquarium .

 

itulah beberapa jenis ikan yang dapat membersihkan lumut dan kotoran yang ada di dalam aquarium kalian menurut rangkuman kami .

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *