5 Ikan Tawar Favorit yang Sering Dikonsumsi

Ikan merupakan sumber makanan dengan protein terbaik yang bisa kamu dapatkan, Meskipun ikan laut menjadi favorit bagi sebagian orang karena kekayaan gizinya. Bukan berarti ikan air tawar kalah populer, Hadir dengan harga ekonomis dan gizi yang tak kalah unggul membuat ikan air tawar menjadi digemari banyak orang.

Ikan tawar ada banyak jenisnya, sehingga kita bisa memilih ikan yang dapat diolah dan disajikan untuk keluarga kita. Yuk baca jenis ikan tawar yang menjadi favorit untuk dikonsumsi oleh masyarakat dibawah ini.

5 Ikan Tawar Favorit untuk Dikonsumsi

1.Ikan Mujair

ikan lezat dari air tawar

Ikan air tawar favorit yang pertama adalah Ikan mujair, ikan ini memiliki bentuk yang pipih dan hitam keabu-abuan serta memiliki panjang maksimum 40cm. Ikan ini memiliki daging yang sangat gurih ketika dimasak dan durinya juga tidak begitu banyak.

Ikan ini terkenal akan gizinya yang kaya akan fosfor, Ikan mujair bisa anda masak dengan sangat mudah, cukup digoreng kering lalu dimakan bersama sambal.

2.Lele

ikan lele air tawar murah

Disini siapa yang tidak tau lele? Pasti kita semua sudah tau jenis ikan ini, Bertubuh licin dan panjang yang semakin mengecil ke arah ekor, Lele menjadi salah satu ikan air tawar favorit untuk dikonsumsi.

Lele memiliki ciri khas yakni kumis yang panjang dan memiliki ukuran panjang, meskipun ukuran tubuhnya kecil, Lele memiliki rasa yang gurih dan dagingnya juga lembut.

Selain itu harga lele juga relatif lebih murah dibandingkan ikan yang lain.

3.Ikan Mas

ikan tawar lezat

Ikan mas ada yang dikategorikan sebagai ikan hias namun ada juga yang untuk konsumsi, Bentuknya tegak pipih, bersisik normal dengan sirip yang memanjang.

Tekstur ikan ini sangat lembut dan cocok diolah sebagai pepes ikan mas atau gulai kepala ikan mas. Namun hati-hati saat anda ingin mengkonsumsi ikan ini karena meskipun rasanya gurih dan lezat, anda harus teliti ketika memisahkan durinya yang sangat halus dan berjumlah banyak.

4.Ikan Patin

ikan tawar patin

Patin merupakan Ikan yang berkumis dan masih satu keluarga dengan Lele, tekstur luar badannya juga hampir mirip dengan lele, basah dan berlendir. Dagingnya juga lembut.

Lemak tak jenuh yang terdapat pada ikan ini mencapai 50% dari total keseluruhan nilai gizi yang terkandung, selain itu Ikan patin juga memiliki DHA dan Omega 3 yang tinggi sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak, ibu hamil hingga orang tua.

5.Ikan Nila

ikan air tawar untuk konsumsi

Ikan nila hampir mirip dengan ikan mujair karena memiliki tubuh yang berukuran sedang dan panjang maksimalnya mencapai 30 cm, serta memiliki warna hitam keabuan. Ikan ini merupakan salah satu ikan tawar yang paling mudah dibudidayakan karena pertumbuhannya sangat cepat.

Kesimpulan

Diatas merupakan daftar ikan tawar yang sering dikonsumsi dan memiliki rasa yang lezat, Semoga informasi ini bisa berguna bagi kalian semua.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *