Daftar Ikan Peliharaan Termahal Yang Langka di Dunia

Percaya atau tidak, daftar ikan peliharaan termahal yang di dunia ini ada yang dijual sampai seharga 2 rumah mewah. Memelihara ikan hias merupakan sebuah hobi yang banyak digeluti banyak orang. Selain karena bentuk, warna, dan coraknya yang unik-unik, ikan hias juga disebut-sebut dapat mengobati berbagai macam penyakit. Keunggulan ikan hias ternyata tidak berhenti di situ.

Di pasar perikanan, banyak sekali ikan hias yang dijual dengan harga yang fantastis. Inilah mengapa banyak orang-orang yang berani memburu ikan-ikan tersebut sampai ke ujung dunia. Bagaimana tidak, salah satu ikan hias unik di bawah ini saja ada yang dijual sampai Rp5 miliaran. Kalau kamu enggak percaya, yuk, terus pantengin daftar ikan termahal di dunia berikut ini!

10 Ikan Termahal di Dunia

Seekor ikan biasanya dihargai berdasarkan seberapa langka, indahnya, dan keunikannya. Semakin banyak ketersediaan ikan tersebut makan semakin murah harganya.

1. Clarion Angelfish (Rp35 Jutaan)

clarion angelfish

 

Ikan Clarion Angelfish ini merupakan salah satu daftar ikan peliharaan termahal yang termasuk ikan air asin paling populer di kalangan pecinta ikan. Ikan ini banyak ditemukan di Benua Pasifik sebelah timur dan dapat tumbuh hingga mencapai 30cm. Corak tubuh mereka kebanyakan berwarna kuning dengan garis-garis biru yang membagi badan mereka dari sirip atas sampai perut bawah, dan yang kadang juga memenuhi area wajah.

2. Wrought Iron Butterflyfish (Rp.32 Jutaan)

Wrought Iron Butterflyfish

 

Ikan yang hanya berukuran sekitar 6 inchi ini termasuk jenis ikan mungil dan pada umumnya mudah ditemukan di perairan Jepang. Tergolong ke dalam jenis Butterflyfish, Wrought Iron Butterflyfish juga terbilang lincah dan gerakannya begitu menarik. Ikan ini juga termasuk daftar ikan peliharaan termahal  Wrought Iron Butterflyfish memiliki warna dasar hitam keabu-abuan dengan tambahan garis yang berwarna kuning terang di sekitar area siripnya.

3. Candy Basslet (Rp.14 Jutaan)

Candy Basslet

Ikan hias air asin ini termasuk daftar ikan peliharaan termahal yang bisa ditemukan di sepanjang Pantai Curacao di perairan Karibia. Ikan langka ini termasuk dalam kelompok ikan hias yang kaya akan warna yang sangat beragam, namun terbilang sulit ditemukan.  Kemampuannya yang baik dan senang bersembunyi di antara celah karang membuat Candy Basslet hanya bisa ditemukan di titik tertentu saja.

Untuk mendapatkannya, dibutuhkan perjuangan yang kuat untuk menyelam ke bawah lautan. Namun saat ini Candy Basslet sudah mulai dibudidayakan, sehingga bisa dibeli langsung pada penangkarnya.

4. Freshwater Polka Dot Stingray (Rp.5 milyaran)

Freshwater Polka Dot Stingray

Harganya berkisar 100 ribu dolar Amerika atau hampir setara 1.5 milyar rupiah. Ikan ini dikenal juga dengan nama Xingu River Ray, ikan ini salah satu daftar ikan peliharaan termahal. Diameter ikan ini bisa mencapai hingga kira-kira setengah meter dan umumnya ikan betina lebih besar ukurannya dibanding jantan.

Ikan ini berasal dari sungai Xingu, di Brasil. Sekali melahirkan, ikan ini bisa mengeluarkan tujuh sampai delapan spesimen sekaligus. Polka dot stingray memiliki sepasang mata yang menonjol yang membuat mereka dapat melihat apapun yang ada di atas. Makanan utama ikan polka dot stingray adalah ikan dan invertebrate air lain, kepiting, dan siput air tawar.

5.Peppermint Angelfish (Rp.400 Jutaan)

Peppermint Angelfish

Ikan peppermint anglefish termasuk ikan penghuni terumbu tropis. Ditemukan di kedalaman lebih dari 100 meter di Pasifik, peppermint anglefish memiliki penampakan yang mencolok dengan garis-garis putih pada tubuh yang berwarna oranye dan kuning. Kebanyakan kolektor membeli ikan tersebut karena warnanya yang memukau.

6. Masked Angelfish (Rp.285 Jutaan)

Masked Angelfish

Umumnya, ikan masked angelfish hidup di area dekat terumbu karang di Kepulauan Hawaii ini jarang sekali bisa ditemukan. Mereka biasa hidup di kedalaman 25 meter sampai 17 meter. Banyak Kolektor senang dengan ikan ini. Dengan penampilannya yang mengesankan, kepala dan hidungnya berwarna hitam yang membuat ikan ini masuk ke daftar ikan peliharaan termahal. Beberapa bagian ekor juga berwarna hitam, sisa tubuhnya berwarna putih. Sebuah tampilan monokrom yang sangat cantik. Genicanthus personatus adalah nama ilmiah peppermint angelfish ini.

Nah, lebih baik uangnya diinvestasikan nih. Ini lebih menguntungkan dan guna banget buat kebutuhanmu di masa depan, daripada cuma menuruti keinginan semata. Benar, gak?

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *