6 Ikan Terkecil di Dunia, Ada yang Hanya Berukuran 6,5 Milimeter

6 Ikan Terkecil di Dunia, Ada yang Hanya Berukuran 6,5 Milimeter – Indonesia merupakan negeri populer bersama dengan keanekaragaman hayati. Beragam hewan ikonik layaknya orangutan, komodo, sampai harimau Sumatera hidup di sini. Selain itu, tersedia terhitung beberapa hewan bersama dengan cii-ciri unik, salah satunya spesies ikan terkecil di dunia.

Mengutip buku Ekologi Ikan Perairan Tropis lapisan Husain Latuconsina, spesies ikan terkecil yang ditemukan di Indonesia adalah Paedocypris progenetica yang hidup di perairan rawa gambut Jambi, Sumatera. Panjang maksimum ikan jantan adalah 9,8 mm, sedang ikan betina 10,3 mm. Spesies ini diakui sebagai salah satu ikan terkecil di dunia.

Selain Paedocypris progenetica, terdapat pula ikan terkecil di dunia lainnya yang menarik untuk diketahui. Apa saja?

Ikan Terkecil di Dunia


Berikut daftar ikan terkecil di dunia yang diulas dalam kanal Youtube Icalofish lewat video “8 Jenis Ikan Terkecil di Dunia”.

1. Celestial Pearl Danio
Spesies ikan ini punyai warna yang beragam, merasa berasal dari bintik-bintik layaknya mutiara putih di sisiknya, sampai warna merah pada siripnya. Ikan ini cukup populer untuk aquarium nano dikarenakan ukurannya yang sangat kecil.

Celestial Pearl Danio yang lebih dikenal danio margaritatus ini berukuran hampir di bawah 1 inci atau kurang lebih 25 mm. Keindahannya muncul berasal dari warna biru tua di tubuhnya bersama dengan bintik-bintik putih keemasan. Terkadang, ikan ini terhitung sering dikenal sebagai Galaxy Rasbora.

2. Knipowitschia Goerneri
Knipowitschia Goerneri atau dikenal bersama dengan Corfu Dwarf Goby merupakan ikan yang berukuran kurang lebih 22 mm atau di bawah 1 inci. Ikan ini berwarna putih atau cokelat bersama dengan bintik-bintik cokelat di bagian atas tubuhnya. Selain itu, bentuk tubuh ikan goby tidak rata atau tidak simetris layaknya ikan pada umumnya.

Ikan ini cuma dulu ditemukan di salah satu laguna di Yunani. Namun ketika ditunaikan survei pada th. 1991, spesimen ikan goby tidak ditemukan sampai diyakini telah punah. Anehnya, 20 th. kemudian ditemukan 9 ikan Knipowitschia Goerneri di daerah yang sama.

3. Chilli Rasbora
Chili rasbora atau Boraras Brigittae adalah ikan yang ditemukan di perairan Kalimantan. Dengan ukuran cuma kurang lebih setengah inci, mereka dikenal sebagai salah satu ikan akuarium tropis terkecil yang sanggup bersama dengan ringan dibeli.

Panjang berasal dari ikan Chilli Rasbora adalah 0,5 inci (1,27 cm). Namun, panjang normalnya 0,7 sampai 1,38 inci (1,8 sampai 3,5 cm).
Chilli rasbora adalah ikan akuarium yang sangat populer dikarenakan warnanya yang merah cerah bersama dengan garis-garis hitam di siripnya. Ikan ini cocok di tempatkan untuk aquarium nano.

Baca juga: Pari Manta Merah Muda Kembali Ditemukan di Perairan Australia

4. Midget Dwarf Goby
Ikan style ini sanggup ditemukan di laut terlepas pada kedalaman 20-30 meter. Ikan bersama dengan nama ilmiah Trimmatom nanus ini adalah ikan gobi bersama dengan panjang kurang lebih 10 mm, berwarna orange kemerahan cerah yang indah, dan mata bulat dan juga sirip yang nampak berbulu.

Ikan ini berasal berasal dari Maladewa di Samudra Hindia. Meski telah ditemukan sejak th. 1981, tidak banyak informasi yang tersedia tentang ikan ini.

5. Philippine Goby
Spesies ikan tidak berwarna dan hampir transparan ini dikenal sebagai Dwarf Pygmy Goby. Ukuran tubuh ikan ini yang kurang lebih 0,35 sampai 0,43 inci (0,89 cm sampai 1,09 cm) untuk ikan jantan dan 0,59 inci (1,5 cm) untuk ikan betina.

Bentuk tubuh ikan ini kurus dan punyai kepala yang tumpul dan juga tembus pandang. Satu-satunya warna yang muncul menyadari adalah bintik-bintik gelap di tubuh dan pangkal siripnya. Sayangnya, spesies ikan yang ditemukan di Asia Tenggara ini terdaftar sebagai hewan yang terancam punah.

6. Stout Infantfish
Sebagian kalangan setuju menyebut stout infantfish sebagai ikan terkecil di dunia. Ikan jantan dan betina dilaporkan punyai ukuran yang sama. Namun, tersedia beberapa perbedaan informasi tentang ukuran ikan jantan.

Ada yang mencantumkan 6,5 mm sebagai ukuran maksimal ikan jantan, pas sumber lain menyebut 7,5 mm. Untuk ikan betina cuma berukuran antara 8-9 mm. Stout infantfish berwarna kuning pucat dan sering dijumpai di Great Barrier, Australia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>