6 Jenis Ikan Yang Dianjurkan Tidak Untuk Di Konsumsi

Ikan adalah salah satu lauk yang sangat di gemari di Asia khusus nya di Indonesia , mungkin karena indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang kaya akan hasil laut nya termasuk ikan .

faktanya , ikan dapat berbahaya bagi tubuh manusia . oleh karena itu mari kita mengenal jenis ikan yang baiknya tidak dikonsumsi oleh tubuh kita yaitu ;

Ikan Tilapia

Ikan Tilapia atau yang sering kita sebut sebagai ikan nila adalah salah satu jenis ikan yang sangat sedikit mengandung omega 3 ( lemak baik) dan lebih cenderung mengandung kadar lemak jahat. Akibat dari sering mengkonsumsi ikan jenis ini adalah meningkatnya kolesterol dan menyebabkan tubuh menjadi lebih peka terhadap alergi .

 

Ikan Pangasius

Sebagian besar penjualan ikan patin di dunia , merupakan hasil produk impor dari vietnam yaitu sungai mekong , yang dianggap sebagai sungai paling tercemar di dunia . Fillet ikan patin juga di ketahui mengandung nitrofurazon dan polifosfat yang sangat tinggi dan merupakan penyebab kanker . jadi sebelum membeli ikan ini , sebaiknya kita menanyakan terlebih dahulu darimana ikan ini berasal .

Ikan Makarel

Ikan Makarel seringkali disebut sebagai ikan sarden , walaupun kenyataan nya sebenarnya berbeda . Ikan Sarden biasanya berbentuk kecil , bisa membesar dan dilapisi sisik perak kecil .

ikan makarel dianjurkan tidak di konsumsi karena mempunyai kandungan merkuri yang tinggi dan tidak diketahui asal usul nya . Kandungan merkuri tidak dapat dibersihkan dan dapat menumpuk pada tubuh manusia yang bisa menyebabkan berbagai penyakit di kemudian hari . Selain itu ikan makarel sangat rentan mempunyai cacing di dalam tubuh nya.

 

Ikan Mahi – Mahi

Ikan Besar Berwarna hijau ini menjadi salah satu ikan yang di gemari oleh pecinta kuliner laut . Tapi , kita seharusnya berhati-hati untuk mengkonsumsi ikan jenis ini , karena ikan jenis ini bila tidak di simpan dengan benar dapat mengandung racun yang menyebabkan penyakit seperti alergi dan keracunan nistamin .

 

Ikan Kakap Putih

Ikan Kakap putih juga di ketahui mengandung banyak merkuri . namun kembali lagi darimana ikan ini berasal , sebaiknya beli lah ikan kakap putih yang masih segar dan bukan ikan impor .

normal nya dalam sebulan , orang dewasa dapat mengkonsumsi 7 ons atau 200gr.

 

Ikan Todak

Ikan Todak adalah salah 1 jenis ikan yang dianjurkan tidak di konsumsi , karena ikan ini mempunyai kandungan merkuri yang tinggi . Kandungan merkuri yang ada pada tubuh ikan tidak akan berkurang , jadi semakin besar dan semakin tua usia ikan maka kandungan merkuri nya pun akan semakin banyak .

 

kesimpulan nya , sebelum kita ingin mengkonsumsi ikan , sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang jenis-jenis ikan dan kandungan manfaat dari ikan tersebut .

 

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *