Tips Ampuh Cara Mutasi Warna Ikan Cupang Dengan Cepat!

Cupang merupakan salah satu jenis ikan yang pada dasarnya beberapa jenis ikan ini tidak memiliki warna. Terutama saat usia mudah, membutuhkan waktu yang cukup lama untuk proses ikan ini bermutasi dan mengeluarkan warna. Kali ini kami akan memberikan beberapa cara yang ampuh untuk membuat ikan cupang dapat bermutasi lebih cepat dari biasanya. Dimana cara ini tidak terlalu sulit untuk dilakukan, karena hanya perlu sedikit usaha dan kesabaran untuk bisa mengaplikasikan langkah-langkahnya. Langsung saja simak tips cara ampuh yang bisa mempercepat mutasi warna pada ikan cupang berikut ini.

1. Rutin Mengganti Air

Rutin Mengganti Air

Hal pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan mengganti air ikan cupang secara rutin. Dimana kalian bisa megusahakan mengganti air 3 hari sekali dan kalian bisa pastikan air ini telah diendapkan atau didamkan selama satu hari. Tips ini bisa kalian andalkan untuk mempercepat mutasi warna pada cupang ternak milik kalian. Karena dengan rajin rutin mengganti air, maka kesehatan cupang kalian akan lebih terjaga dan bagus untuk perubahan mutasi warna pada cupang kalian.

2. Memberikan Daun Ketapang Pada Air Cupang

Memberikan Daun Ketapang Pada Air Cupang

Selanjutnya, kalian bisa menggunakan daun ketapang yang sangat berguna dan berkhasiat untuk ikan cupang kalian. Oleh sebab itu, kita bisa mengusahakan untuk tetap menggunakan daun ketapang pada saat mengganti air yang baru untuk ikan cupang kalian. Kalian bisa pastikan daun ketapang ini baru dan belum pernah digunakan sebelumnya. Bahkan dengan bantuan ketapang ini maka suhu air ikan akan lebih bagus untuk habitat cupang. Sebelum menggunakan daun ketapang, kalian harus mencuci bersih terlebih dahulu dan jemur di bawah terik matahari terlebih dahulu. Hal ini berfungsi untuk membersihkan kotoran pada daun ketapang, karena daun ketapang yang digunakan diambil dari daun ketapang yang telah gugur dan kering.

3. Memberikan Garam ikan Secukupnya

Memberikan Garam ikan Secukupnya

Langkah selanjutnya yang bisa kalian gunakan setelah mengganti aire adalah dengan memberikan garam ikan secukupnya. Dimana garam ikan ini berfungsi untuk mencegah adnaya penyakit dan juga parasit pada ikan cupang yang masih banyak lagi fungsinya. Garam ikan sendiri memiliki cukup banyak fungsi dengan takaran seujung jari saha akan memberikan hal yang baik pada kesehatan cupang kalian. Kalian juga bisa pastikan garam ikan telah larut dengan air sebelum memasukkan ikan cupang.

4. Makanan yang Baik dan Rutin Memberikannya

Makanan yang Baik dan Rutin Memberikannya

Lankah lainnya yang bisa kalian lakukan adalah dengan memberikan makanan yang baik dan rutin untuk ikan cupang kalian. Dimana makanan yang baik akan mempercepat mutasi ikan cupang juga. Makanan yang bergizi adalah dengan mengguankan udang kecil. Usahakan klaian memberikan makan udang di setiap sore dengan rutin setiap hari. Untuk makanan pendamping, kalian bisa memberikan kutu air, dan juga jentik nyamuk pada pagi hari dan tidak memberikan makan secara berlebihan.

5. Menjemur Ikan Cupang

Menjemur Ikan Cupang

Dan yang terakhir, kalian harus menjemur ikan di pagi dan sore hari selama beberapa menit. Dimana sinar matahari sendiri merupakan vitamin yang baik untuk kesehatan ikan cupang kalian. Usahakan kalian menjemur ikan cupang secara rutin agar bisa mempercepat mutasi warna pada ikan cupang dan mengeluarkan warna yang baik dan juga maksimal pada cupang kesayangan kalian.

Nah itu dia 5 tips yang bisa kalian andalkan untuk memutasikan warna cupang dengan mudah dan cepat, Selamat Mencoba!

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *