Penyebab dan Cara Ampuh Mengobati Sisik Nanas Pada Cupang!

Mana nih suara para pecinta ikan cupang? Cupang sendiri merupakan salah satu jenis ikan hias yang banyak dipelihara dan dikagumi oleh banyak orang. Apakah sebelumnya kalian mengetahui penyakit sisik nanas atau dropsy pad aikan cupang? Nah, untuk kalian yang bergelut di dunia cupang, kalian haris mengetahui salah satu jenis penyakit satu ini yang seringkali menyerang ikan cupang kesayangan kalian.

Sisik nanas ini merupakan salah satu jenis penyakit umum dan hampir seluruh peternak ikan cupang pernah mengalaminya. Kali ini, kami akan menjelaskan apa penyebab dan bagaimana cara mengobati sisik nanas yang ada di dunia cupang. Langsung saja simak daftar lengkapnya berikut di bawah ini!

Penyebab Sisik Nanas di Ikan Cupang

Penyebab Sisik Nanas di Ikan Cupang

Gejala sisik nanas pad aikan cupang terjadi karena makanan yang tidak steril, baik kutu air maupun cacing sutra. Hal ini karena kutu air dan cacing sutra biasa hidup di parit. Hal ini karena kutu air dan cacing sutra hidup di comberan atau parit. Ikan cupang yang rterkena sisi nanas terjadi karena bakteri jahat yang masih ada di makanan. Jadi pastikan untuk selalu mencuci terlebih dahulu cacing sutra atau cuk agar bisa steril sampai tidka kotor lagi. Hal ini berfungsi untuk menghindari sisik nanas pada ikan.

Gejala Sisik Nanas Pada Ikan Cupang

Gejala Sisik Nanas Pada Ikan Cupang

Jika ikan cupang terkena sisik nanas biasanya akan memiliki beberapa gejala, yaitu ikan cupang menjadi malas bergerak, tidak mau mengedok, perut kembung besar, sisik keluar dan terlihat terbalik seperti buah nanas, serta ikan tidak bisa buang air besar. Gejala ini akan muncul oleh tubuh cupang yang terserang atau terkena sakit sisik nanas atau dropsy.

Cara Mengobati Sisik Nanas Pada Cupang

Cara Mengobati Sisik Nanas Pada Cupang

Pastinya kita sebagai pecinta cupang ingin melihat cupang kita kembali sehat dan beraktivitas kembali seperti semula. Walau tingkat kesembuhan rendah, tetapi kalian bisa mencobaya dengan beberapa cara seperti:

  • Sediakan air yang sudah direndam daun ketapang hingga warna pekat. Lebih baik jika ketopang diolah terlebih dahulu.
  • Masukkan garam ikan sedikit saja dan kurang lebih sebesar 1/5 sendok makan. Kalian bisa mengaduk hingga larut.
  • Masukkan obat biru atau methylene blue sebesar 4 tetes saja dengan mengaduk hingga larut.
  • Selanjutnya kalian masukkan ikan cupang yang sakit.
  • Mengganti air hingga 2 hari sekali.
  • Memberi makan 2 hari sekali saja telah mengganti air dan jangan terlalu banyak. Oleh sebab itu, ikan cupang ini akan terserang penyakit yang tidak bisa buang air besar. Jadi cara ini agar ikan cupang puasa dan bisa membuang kotoran yang tersumbat di perutnya.

Jika kalian beruntung ikan cupang akan terlihat kembali buang air besar. Jika tidak beruntung kalian harus bisa merelakannya. Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita untuk memperhatikan kualitas pangan maupun air yang menjadi tempat tinggal atau habitat dimana ikan ini tinggal.

Nah itu dia beberapa penyebab, gejala, dan cara mengobati ikan cupang yang terkena sisik nanas. Ikuti beberapa langkah cara diatas ini agar kesehatan ikan kalian tetap dalam kondisi yang prima dan mumpuni. Diatas ini adalah beberapa ulasan informasi yang perlu diketahui oleh para sobat pecinta cupang. Jnagan sampai lewatkan dan abaikan kesehatan pada kandungan air dan makanan cupang ya sobat!

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *