Cara Ampuh Ternak Ikan Cupang Sendiri di Rumah!

Siapa di antara kalian yang gemar memelihara ikan cupang? Cupang sendiri merupakan ikan hias yang saat ini sedang populer di berbagai kalnagan bahkan harga untuk ikan cupang kontes sendiri ada yang mencapai hingga puluhan juta untuk satu ekornya. Menarik sekali bukan? Untuk dijadikan sebagai ladang usaha bisnis sampingan kita di rumah. Kali ini, kami akan membagikan beberapa cara membudidaya ikan cupang terbaik yang bisa kalian lakukan di rumah. Langsung saja simak cara lengkapnya berikut di bawah ini.

Tips Cara Ternak Ikan Cupang Terbaik 2020

1. Memilih Indukan Cupang Terbaik

Memilih Indukan Cupang Terbaik

Hal pertama yang harus kalian miliki adalah memastikan indukan betina dan jantan telah memasuki dalam fase matang atau siap kawin. Yang bisa membedakan ikan cupang jantan dan betina ini sendiri juga tidak terlalu sulit. Dimana ikan ini juga memiliki ciri sirip melebar, ekor lebar yang mengembang, dan tubuh yang besar dengan gerakan lincah berwarna cerah.

Untuk ikan betina sendiri memiliki sirip dan ekor yang lebih pendek dengan gerakkan lambar serta warna yang kusam.

2. Pemijahan dan Ternak Cupang

Pemijahan dan Ternak Cupang

Tahap lainnya kalian harus mempersiapkan wadah baskom kecil atau akuarium yang berukuran sebesar 20 x 20 x 20 cm. Dimana kalian bisa menyiapkan gelas plastik untuk ikan cupang betina ini. Kalian juga bisa menyediakan tumbuhan air seperti kiambang yang mampu menghasilkan 1000 butir telur. 1000 butir ini sendiri bisa dipanen hingga sekitar 30 sampai dengan 50 ikan cupang yang hidup. Tingkat kematian pembenihan ikan ini sendiri cukup tinggi.

Untuk pemijahan ikan ini sendiri dilakukan dengan mengisi tempat pemijahan dengan air bersih sebesar 10 sampai dengan 15 cm. Kalian juga bisa menambahkan tanaman air serta masukkan ikan cupang jantan yang berada di dalam wadah selama satu hari. Ikan cupang jnatan akan membuat gelembung udara yang berguna menyimpan telur yang telah dibuahi.

Setelah itu kalian bisa masukkan ikan cupang betina kalian dan biasanya waktu pemijahan ini sendiri berada di pukul 07 hingga 10 pagi atau setara dnegan pukul 04 hingga 06 sore. Kalian bisa tutup wadah dengan menggunakan koran dan letakkan wadah dari kebisingan orang-orang. Kemudian kalian bisa angkat setelah terjadinya pembuahan, kalian bisa mengangkat induk betina. Dan yang akan bertanggung jawab menjaga dan membesarkan anak adalah ikan cupang jantan.

3. Memberikan Pangan yang Layak

Memberikan Pangan yang Layak

Pastikan juga rutin memberikan pangan kepada biangan jantan. Hal ini dipastikan agar jantan tidak kelaparan dan membuat ikan jantan cupang ini memakan burayak ikannya. Oleh sebab itu, pastikan untuk rutin memberi makanan baik menggunakan cuk atau dengan cacing sutra yang bersih. Jika cupang telah 3 hari, kalian bisa memberikan burayak dengan makanan kutu air yang bersih dan juga sehat. Kutu air sendiri diberikan karena burayak hanya bisa memakan pangan yang berukuran kecil. Oleh sebab itu, kita bisa pastikan untuk tidak melewatkan penjagaan pangan dan kesehatan air yang menjadi tempat habitat mereka.

Nah itu dia 3 tips penting bagi para pemelihara dan pembudidaya ikan yang perlu kalian ketahui. Bagaimana sobat menurut kalian? Langsung saja ikuti beberapa tips yang ada diatas ini. Sekian informasi ini kami smapaikan, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kalian semua!

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *