Tips Cara Ternak Ikan Guppy yang Wajib Kalian Ketahui!

Ikan Guppy merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki daya tarik tersendiri dan memiliki warna sirip dan bentuk yang indah. Agar kalian memiliki koleksi yang beragam, kali ini kami akna memberikan beberapa tips cara ternak ikan guppy yang benar dan baik. Sebelum itu, tahukah kalian ikan guppy ini berasal dari Amerikan Tengah dan Selatan? Ikan ini ditemukan oleh Robert John Lechmere Guppy. Letak ikan ini sendiri ditemukan di Trinidada pada tahun 1866. Tetapi ikan guppy ini juga baru masuk ke negara Indonesia sejak tahun 1920-an. Ia juga sering dijuluki Million Fish yang mana kecepatan berkembang biaknya sangat tinggi. Jneis ikan hias ini juga cukup mudah untuk dibudidayakan.

1. Memilih Indukan yang Bagus

Memilih Indukan yang Bagus
Cara ternak yang pertama ialah kalian bisa memilih jenis ikan yang benar baik jantan dan juga betina. Ciri-ciri ikan guppy ini cenderung memiliki badan bulat yang berwarna kusam dan cenderung pasif dengan berdiam diri di bagian dasar permukaan akuarium. Ciri-ciri ikan guppy jantan memiliki warna cerah dengan tubuh yang langsing. Agar bisa mendapatkan anakan yang baik, kalian bisa memilih induk yang unggul dan berusia minimal 4 bulan. Perhatikan badan induk yang sehat dan rapi. Usahakan untuk semuanya mulus dan tidak ada luka ataupun bopeng. Indikator keberhasilannya akan berada pada ikan jantan.

2. Memisahkan Indukan Dengan Jantan

Proses Pendederan Ikan Guppy Selanjutnya sebelum melakukan pemijahan, lebih baik kalian memisahkan ikan guppy jantan dan betina dalam wadah yang terpisah. Dimana kalian bisa mengganti air wadah ini selama 1 sampai dnegan 3 hari sekali. Kalian juga bisa mengganti dan membuang seperti air, untuk cara merawat ikan guppy ini sendiri dipisahkan dan memberikannya makanan seperti biasa, yaitu dua kali sehari. Pemberian makan bisa kalian lakukan secara rutin dan akan menghasilkan indukan yang sehatdalam proses pemijahan nanti.

3. Momen Penetasan Benih

Momen Penetasan Benih Setelah induk yang telah kalian buahi bisa kalian pisahkan, dimana kalian bisa mengisi air dalam wada penetasan dan telah dilengkapi dengan aerasi. Kalian juga bisa menempatkannya secara pelan-pelan agar tidak mengganggu larva ikan lainnya. Kalian juga bisa membuang sepertiga air setiap hari dan ganti dengan yang baru, yaitu setiap 1 sampai dengan 3 hari sekali. Kalian bisa memberikan pakan untuk induk sebanyak 2 hari sekali. Ikan guppy ini akan hamil hingga 3 kali dan bisa menyimpan sisa sperma dalam tubuhnya.

4. Proses Pendederan Ikan Guppy

Memisahkan Indukan Dengan Jantan Untuk merawat ikan guppy, kalian bisa melakukannya di ruangan terbuka. Wadah ini harus terkena unsur sinar matahari yang akan membentuk warna indah pada ikan guppy. Dimana kalian juga bisa menambahkan beberapa tanaman air yang membuatnya bisa berteduh. Kalian bisa menggunakna tanaman eceng gondok dan hydrilla. Untuk anakan ikan guppy, kalian bisa menggunakan yang berumur 5 hari dan diberikan pakan infusoria. Anakan ikan jika telah lebih dari 5 hari, kalian bisa memberikan pangan berupa kutu air atau udang rening. Setelah itu jika sudah berumur 20 hari, kalian bisa memberikan pakan cacing sutra atau cacing rambut. Nah itu dia 4 proses cara ternak ikan guppy yang bisa diketahui oleh kalian para pemula. Dimana ternak ikan guppy ini juga bisa kaloian jadikan ladang bisnis sampingan mengisi waktu luang di rumah!
Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *