Ciri-Ciri Ikan Salmon Beserta Manfaatnya

Ciri-Ciri Ikan Salmon Beserta Manfaatnya

Siapa sih disini yang tidak kenal dengan ikan salmon???

Tentunya ikan ini sudah sangat familiar di kalangan masyarakat, walaupun harganya lebih mahal dari pada ikan yang lain, namun kualitas nya sudah pasti oke deh…

Apalagi buat kamu yang sering mengkonsumsi ikan salmon, pastinya sangat banyak manfaat yang ada pada tubuh kalian.

Ikan salmon merupakan salah satu ikan yang banyak kandungan gizinya, serta ikan ini juga bisa dikatakan istimewah karena menyantap ikan-ikan kecil dengan santapan rumput laut.

Jangan sampai ketingalan berita!!

Kami akan memberikan beberapa ciri-ciri ikan salmon dan manfaatnya dibawah ini!!

 

Ciri-ciri ikan salmon :

 

  1. Warna

Berbeda dari ikan pada umumnya, bahwa ikan salmon ini memiliki daging yang berwarna tidak putih melainkan kemerahan atau orange. Tergantung pada jenis-jenis ikan salmon.

Warna dari daging ikan salmon ini terlihat sangat cerah, dan segar.

 

  1. Tekstur

Saat kamu ingin membeli ikan salmon, kamu bisa membedakan ikan yang segar dan tidak segar. Dengan cara saat kamu tekan pada bagian dagingnya akan terasa lunak dan tidak mudah hancur. Namun sebaliknya, kalau ikan salmon yang tidak segar saat kamu sentuh dagingnya akan terasa lebih keras.

 

  1. Insang Dan Kulit

Membedakan dari mana segar dan tidak segarnya. Kamu bisa melihat pada bagian insang dan kulit nya memiliki warna kemerahan untuk jenis ikan salmon yang segar. Sedangkan yang tidak segar, kamu bisa melihat tampak nya terlihat lembap.

 

  1. Aroma

Aroma ikan salmon tidak akan tercium terlalu amis lain dari pada ikan pada umumnya, namun jika kamu temukan ikan salmon yang tercium bau amis sudah dipastikan ikan salmonnya tidak baik dikonsumsi.

 

  1. Tidak berair

Yang perlu kamu perhatikan saat ingin membeli ikan salmon dalam bentuk fillet, ikan yang terlihat segar itu tidak berair. Namun kalau sebaliknya ikan salmon yang mengandung air sudah tidak baik untuk di konsumsi.

 

 

Manfaat ikan salmon bagi kesehatan :

 

  1. Kesehatan Otak

Ikan salmon sudah menunjukan bahwa pada minyak ikan tersebut memiliki potensi bisa mengurangi depresi, kecemasan, dan memperlambat menjadi seorang pelupa. Hal tesebut merupakan sudah menjadi penelitian yang menunjukan perkataan tersebut.

 

  1. Sumber Omega-3

Merupakan sumber asam lemak omega-3 terbaik dan bisa membantu kamu untuk menurunkan resiko kanker, penurunan peradangan, kadar tekanan darah dan meningkatkan fungsi arteri di dalam tubuh.

Jika kamu mengkonsumsi ikan salmon dalam seminggu 2 kali maka kamu bisa memenuhi kebutuhan lemak omega-3.

 

  1. Sumber Protein

Salah satu keuntungan kamu saat mengkonsumsi ikan salmon ini banyak mengandung protein berkualitas tinggi.

Saat kamu mengkonsumsinya kamu akan mendapatkan bantuan tubuh menjadi pulih dari cedera, dapat melindungi kesehatan tulang, hingga dapat menjaga massa otot selama proses penurunan berat badan dan penuaan dini.

 

  1. Rendah Lemak

Buat kamu yang sedang ada program diet, mengkonsumsi ikan salmon sangatlah cocok. Karena ikan salmon sangat aman untuk mempertahankan kalori yang ada di dalam tubuh.

Saat kamu mengkonsumsi ikan salmon dalam satu porsi, itu hanya mengandung kalori sebesar 200 kalori. Namun kamu tetap terjaga untuk mempertahankan nutrisi yang ada di dalam tubuh kamu.

 

  1. Dapat Mengandung Antioksidan

Senyawa yang terdapat pada antioksidan ini bisa bekerja secara bersamaan dengan asam lemak omega-3 yang ada di dalam ikan salmon sehingga mampu melindungi otak dan sistem saraf kita.

 

Pigmen merah yang dimiliki salmon ini berasal dari antioksidan astaxanthin, hal ini bertujuan dapat mengurangi penyakit jantung, mengurangi kolesterol jahat. Dan yang paling penting adalah antioksidan ini sudah terbukti bermanfaat bagi kulit. “Antioksidan bisa membantu mengelastiskan kulit secara meningkat dan bisa memperbaiki kulit yang terlihat rusak” ujar penelitian.

 

 

Kesimpulannya :

Kamu bisa mengkonsumsi kapanpun ikan salmon dalam seminggu, hal tersebut tidak akan membuat kamu menjadi terlihat gendut, dan banyak penyakit. Melainkan sebaliknya, kamu bisa menstabilkan berat badan, dan terhindar dari penyakit berbahaya.

 

Buat kamu yang ingin mencari tahu jenis-jenis ikan salmon yang ada di dunia, kamu bisa membaca di artikel dunia ikan sebelumnya. Karena semua penjelasan disana sudah sangat lengkap dan terpercaya.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *