Tips Pelihara Ikan Saat Memiliki Anak

Fakta Ikan Blue Tang, Dori di Film Finding Nemo

Siapa di sini yang suka menyaksikan film Finding Nemo? Pasti kalau sudah menyaksikan fil ini tidak asing lagi dengan sahabat ayah Nemo, siapa lagi kalau bukan Dory. Hewan satu ini digambarkan sebagai hewan yang pelupa namun setia menemani Marlin untuk menemukan sang anak.

Nah, menyusul kesuksesan dari film Finding Nemo, Disney x Pixar juga merilis Finding Dory, di mana kisahnya kini terfokus kepada Dory yang mencari keluarganya. Ngomong-ngomong soal Dory, tahukah kamu jenis apa ikan Dory ini? Ya, Dory adalah jenis Surgeonfish! Yuk, kita lihat fakta seputar ikan biru satu ini!

Fakta Ikan Blue Tang

1.Rupa Ikan Dory Sebenarnya

Jika kamu membayangkan ikan Blue Tang sama seperti rupa Dory dalam film Disney, maka mungkin kamu harus menurunkan sedikit imajinasimu itu. Sebenarnya ikan ini memang memiliki warna cerah yang indah, tapi ‘wajah’ dari ikan ini tidak semenggemaskan di film Finding Dory.

Ikan jenis Surgeonfish ini merupakan hewan herbivore yang memiliki nama latin Paracanthurus Hepatus. Kenapa diberi nama Blue Tang? Ini karena di badannya terdapat warna biru yang mencolok.

  1. Bisa Melukai Musuhnya

Lagi-lagi kamu jangan terkecoh dengan karakter Dory yang digambarkan ramah, lucu, riang, dan suka menolong yang ada di film. Jika kamu ingin mendekati ikan ini, jangan sampai menyentuhnya. Karena ikan ini memiliki duri tajam yang terdapat pada bagian sirip.

Blue Tang menggunakan duri ini untuk melindungi dirinya dari predator yang ada di lautan. Katanya duri yang ada di siripnya ini memiliki ketajaman yang mirip dengan pisau bedah, loh!

  1. Dapat Berubah Warna

Ini adalah salah satu keunikan yang dimiliki oleh ikan Blue Tang, karena ikan ini ternyata di malam hari dapat berubah warna menjadi warna ungu. Meski namanya Blue Tang, tapi ketika ikan ini masih muda, warnanya pun bukan warna Biru, melainkan kuning.

Blue Tang akan berubah menjadi warna biru ketika ia sudah tumbuh dewasa. Jadi yang ada di film Finding Dory salah tuh yah, hehe.

  1. Berada di Kisaran Samudra Pasifik

Jika penasaran dengan habitat dari ikan Blue Tang ini, maka kamu bisa menemukannya di beberapa perairan dunia, seperti I Afrika Timur, Jepang, Brazil, dan bagian lain yang ada di Samudra Pasifik.

Mereka tinggal di lautan yang dangkal dan dekat dengan terumbu karang, di sana mereka bisa menemukan makanan mereka. Biasanya ikan Blue Tang ada di pantai yang terdapat banyak batuan atau rumput laut.

  1. Jangan Pelihara Ikan Ini

Saat film Finding Nemo naik daun, penjualan dari ikan Clown Fish meningkat sampai 40%, ternyata ada sekitar 1 juta ikan badut yang diambil dari terumbu karang untuk dipelihara di dalam akuarium setiap tahun.

Berbeda dengan ikan badut, karena ternyata ikan Blue Tang ini tidak bisa dikembangbiakkan di penangkaran atau akuarium. Ikan ini rentan terkena penyakit dan semua ikan Blue Tang yang kamu lihat di akuarium umumnya langsung diambil dari laut.

Jadi kalau spesies ini terus-terusan di ambil, maka kemungkinan populasi Blue Tang di laut bisa menurun dan lama kelamaan ikan ini bisa punah. Sekarang saja ikan badut sudah hampir punah.

 

Itulah beberapa fakta mengenai ikan Blue Tang, semoga fakta ini bisa membantu kita untuk terus sadar agar mau melestarikan ikan-ikan di laut, ya!

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *