FAKTA – FAKTA MENARIK TENTANG IKAN PARI YANG HARUS DIKETAHUI

Ikan dengan bentuk yang sangat identik ini pastinya kamu sudah tidak asing bukan? Karena bentuknya yang memang lebar seperti selembar kertas ini, dimana bentuknya sangat berbeda dan menonjol diantara ikan – ikan yang lainnya. Selain itu juga ikan ini meang terkenal dengan racun yang berada di salah satu anggota tubuhnya tersebut. Ikan pari atau yang bisa disebut juga dengan ikan peh ini mempuyai 560 spesies serta termasuk ke dalam 13 famili. Ternyata ikan ini memang tidak mempunyai tulang, sehingga bentuknya yang pipih seperti kertas tersebut. Bila kamu ingin menjumpai ikan yang satu ini itu ada di lautan yang berada di daerah tropis serta subtropis di dunia.

Tidak hanya disitu ternyata ikan pari juga dapat dijumpai di air laut hangat yang dengan kedalaman yang tidak dalam alias dangkal. Apa saja yang sebenarnya selalu dilakukan oleh ikan pari, jadi ikan pari itu lebih banyak menghabiskan waktunya dengan bersembunyi di dasar laut. Selain itu juga ikan ari dapat hidup dengan panjang tubuh 6,5 kaki serta berat badannya itu bisa mencapai angka 790 pon. Bila dengan ikan hiu ikan pari ini masih kerabat, karena ikan hiu dan ikan pari itu tidak mempuyai kerangka bertulang. Sebab kerangka tulang mereka ini terbuat dari tulang rawan, yang serupa dengan bentuk hidung dan  telinga manusia. Masih penasaran dengan fakta – fakta yang dimiliki ikan pari? Simak ulasannya berikut ini.

1.Ekor Ikan Pari yang Panjang Serta Beracun

Sudah terkenal sekali dimana ekor yang dimiliki ikan pari mempunyai racun di dalamya. Ternyata  pada ekornya tersebut terdapat duri, bila kamu  hanya melihatnya sekilas dan tidak teliti maka duri yang berada pada ekornya tersebut tidak akan terlihat. Karena memang bentuk dari duri tersebut tipis serta lancip. Apa yang akan terjadi bila manusia mengenai duri tersebut?

Tentunya akan sangat berbahaya bila manusia terkena duri dari ikan pari tersebut, karena di dalamnya durinya itu terdapat racun. Efek yang dapat ditimbulkan kepada manusia bila mengenari duri yang beracun tersebut adalah muntah – muntah, mual, demam, lalu bila efek tersebut sangat fatal pada tubuh maka dapat menyebabkan kematian. Mengerikan sekali bukan?

2.Menggunakan Racun Untuk Melindungi Diri

Ekor dengan duri dan juga racunnya tersebut dipergunakan untuk melindungi dirinya sendiri dari berbagai macam predator laut yang akan melukai dirinya. Agar dia bisa bertahan hidup dari ancaman yang berada di dalam air, maka dia menggunakan ekornya tersebut untuk bisa menyengatkan racun. Terutama para ikan pari air tawar yang masih berukuran muda itu memiliki sengatan racun yang mematikan.

Sehingga predator yang berada di dekatnya itu akan merasa ketakutan. Untuk racun yang disengatkan oleh ikan pari air tawar itu akan memberikan efek nekrosis, membuat senjata yang berada di ekornya tersebut sangatlah efektif untuk diandalkan dalam berburu ikan kecil, udang dan yang lainnya.

3.Menghabiskan Waktu di Dasar Laut

Biasanya ikan – ikan itu senang berenang dan berlalu lalang di dalam air, mencari mangsa dan melakukan hal lainnya. Tetapi berbeda dengan ikan pari yang satu ini, dimana dia itu banyak menghabiskan waktunya di dasar lalu. Mereka sangat senang menyembunyikan dirinya di dasar laut, bagaimana pun caranya dia akan menyelinap di bawah pasir.

Memanfaatkan badannya yang berbentuk pipih tersebut, membuat dia bisa menyelinap dan menyembunyikan badannya di bawah pasir. Sehingga badannya tersebut tidak akan oleh para predator dan juga hewan buruannya

Itulah fakta – fakta menarik seputar ikan pari yang harus kamu ketahui.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *