Fakta Tentang Lele yang Buat Tercengang!

Siapa di sini yang suka makan ikan lele? Jika iya maka kamu harus tau mengenai fakta dari ikan satu ini! Banyak fakta lele yang mungkin bisa buat kamu kaget, jijik, atau malah bikin kamu pengen ternak ikan lele.

Di Indonesia sendiri lele sudah menjadi ikan yang umum dimakan dan dapat dengan mudah ditemukan di berbagai daerah. Oh ya, kamu tahu tidak kalau lele memiliki lebih dari 3000 spesies?! Nah, itu baru satu fakta dari semua fakta mengenai lele, loh! Berikut ini kami akan menunjukkan beberapa fakta lain seputar lele yang bisa bikin kamu semakin tercengang!

Fakta Unik Seputar Lele

1.Memiliki 3000 Spesies

Lele memiliki banyak spesies dan yang biasa kita temukan di pasar adalah lele hitam. Di Indonesia sendiri terdapat 3 jenis lele yang umum ditemukan, yaitu lele putih, lele merah, dan lele hitam.

Tidak semua lele dibudidayakan untuk dimakan, ada juga lele yang dipelihara sengaja untuk menjadi ikan hias. Biasa ikan lele yang menjadi ikan hias adalah ikan lele putih.

Ada ikan lele dengan ukuran yang sangat kecil, yaitu ikan lele banjo atau nama latinnya Bunocephalus Coracoideus. Ia hanya memiliki panjang sekitar 1 cm saja!

Sedangkan spesies ikan lele yang paling besar adalah Mekong, atau nama latinnya Pangasianodon Gigas. Panjang ikan ini bisa mencapai 3 meter dan beratnya 300 kg.

  1. Warnanya Berfariasi

Jika kamu mengira ikan lele hanya memiliki warna hitam atau coklat saja, well, kamu salah. Karena ikan ini ternyata setiap spesiesnya memiliki warna yang berbeda. Ada ikan lele yang berwarna putih, merah, dan juga campuran.

Jadi jika kamu kaget melihat ikan berwarna putih tapi mirip dengan lele, itu ikan lele guys, hanya saja beda spesies dengan ikan lele yang kamu makan sehari-hari.

  1. Memiliki Ciri-Ciri Umum

Meski ada 3000 spesies ikan lele di dunia ini, tapi tetap saja kamu tetap bisa mengetahui kalau ini merupakan spesies ikan lele. Kenapa? Karena ia memiliki ciri-ciri khusus, yaitu kepala yang besar dan juga tubuhnya memanjang.

Selain itu beberapa spesies ikan lele juga memiliki ‘kumis’ disekitar mulutnya. Inilah yang membuat spesies ikan lele menjadi lebih mudah dikenali meski memiliki warna dan ukuran yang berbeda.

  1. Kemampuan Ikan Lele

Ikan ini ternyata memiliki kemampuan yang cukup menakjubkan loh, di mana tubuh dari ikan lele bisa merespon sentuhan dengan baik. Selain itu ia juga bisa mendeteksi kima yang ada di dalam air. Salah satu organ sensorik terkuat dari lele adalah pada bagian kumisnya.

Lalu tahukah kamu kalau ikan lele tidak memiliki sisik di tubuhnya? Ikan ini ternyata memiliki kulit yang halus dan ditutupi oleh lendir. Bahkan ada beberapa spesies dari ikan lele yang menggunakan kulit untuk bernafas.

  1. Ada Spesies yang Beracun

Ada beberapa spesies dari ikan lele yang bisa menghasilkan racun dari kelenjar kulit yang menutupi sirip punggungnya. Bahkan jika kamu tidak berhati-hati, ikan lele bisa menyebabkan cidera yang serius untuk manusia. Ada yang pernah kena pantil lele di sini?

 

Itulah beberapa fakta mengenai lele yang mungkin belum pernah kamu ketahui sebelumnya. Ikan yang bisa makan ikan, serangga, cacing, katak, dan serangga lainnya ini memang menarik untuk dibahas, ya!

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *