Ikan Cupang Hias yang Bisa Dipelihara Dirumah

Ikan Cupang Hias merupakan ikan air tawar yang banyak digemari oleh masyarakat. Selain karena warnanya yang indah, ikan ini juga bisa dipelihara untuk menghasilkan uang, yaitu dengan cara di adu untuk memenangkan taruhan.

Ikan ini memiliki bentuk dan karakter yang unik. Mereka cenderung agresif untuk memeprtahankan wilayahnya. Di kalangan penggemar, ikan Cupang dibagi menjadi 3 jenis. Cupang Hias, Cupang Aduan, dan Cupang Liar.

 

Jenis Ikan Cupang Hias Tercantik

Ikan cupang dapat bertahan hidup di wadah dengan volume air sedikit tanpa adanya alat sirkulasi udara atau aerator. Oleh karena itulah ikan ini banyak dipelihara oleh masyarakat.

Harga ikan cupang bervariatif. Mulai dari yang paling murah Rp50.000 sampai Ikan Cupang Termahal yang bisa mencapai angka Rp2.000.000 an.

Berikut ini kami sajikan beberapa rekomendasi ikan Cupang yang bagus yang bisa kamu pelihara.

 

1. Ikan Cupang Double Tail

ikan cupang hias

Yang pertama adalah Double Tail. Ikan ini memiliki ekor yang tebelah dan bercagak 2. Karena bentuknya inilah ikan ini dinamakan double tail.

Ikan ini mmeiliki warna yang cukup beragam dan sulit ditemukan di pasraan karena ikan yang satu ini termasuk yang sulit dibudidayakan dan tergolong mahal.

 

2.Ikan cupang HalfMoon

Ikan yang selanjutnya yaitu ikan Cupang HalfMoon. Yaitu ikan cupang yang terkenal dengan sebutan bulan sepotong dan cukup populer.

Karakteristik khas nya adalah bentuk ekornya yang menyatu dengan sirip, sehingga terlihat seperti setengah lingkaran. Ikan ini juga mudah dirawat dan memiliki warna yang beragam.

 

3.Ikan Cupang Fancy

Seperti namanya, ikan Cupang Fancy memang terlihat sangat mahal. Karena corak warnanya yang bergradasi seperti lukisan membuat banyak orang terkesima dengan penampilannya.

Ikan ini biasanya dijual mahal di pasaran tergantung corak warna yang kalian beli. Ikan ini pertama kali dipopulerkan oleh peternak dari Thailand.

 

4.Ikan Cupang Serit

Selanjutnya, Ikan Cupang Serit yang mempunyai ekor yang lebar dan sobek-sobek seperti habis bertarung.

Terlebih, warna yang dimiliki jenis ikan cupang hias ini cantik cantik. Bahkan, ada yang mempunyai warna biru metalik dna hitam. Sangat elegan dan cantik.

Dan, hebatnya lagi ikan ini sudah pernah dipertandingkan di ajang internasional di International Betta Congress (IBC).

 

5.Ikan Cupang Big Ear

Ikan cupang yang memiliki ekor lebar ini memiliki keunikkan yang tidak dimiliki ikan cupang lainnya. Yaitu telinganya yang mekar seperti sayap.

Pada dasarnya ikan ini adalah ikan yang baru dikembangkan di Indonesia.

 

6.Ikan Cupang Paradise

Ikan cupang ini banyak ditemukan di perairan Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Ciri-cirinya adalah ekornya bercabang dan warnanya bergaris-garis vertikal dengan warna hijau muda.

 

7.Ikan Cupang Splendens

Splendens atau yang lebih dikenal dengan Siamase Fighting Fish adalah cikal bakal dari ikan cupang adu yang ada dipasaran.

Ikan ini berbentuk pipih dan memiliki bentuk kepala yang bulat. Ikan cupang jenis ini biasanya hanya sebesar 6cm. dan ikan ini telah lama menjadi primadona di antara banyaknya Cupang adu.

 

8.Ikan Cupang Crown Tail

Si ekor lebar ini memang pantas dipanggil crown tail. Karena variasi keindahannya serit-seritnya yang menyerupai mahkota raja.

Ikan ini sering di koleksi banyak orang karena hasil breeder yang cukup langka.

 

9.Ikan Cupang Surga

Ikan cupang surga memiliki ciri-ciri yang mirip dengan cupang paradise. Warnanya kecoklatan dan siripnya memanjang. Biasanya ditemui di Asia Tenggara tepatnya di Jawa, Sumatera.

Ukurannya bia mencapai 10Cm. cukup besar unttuk ukuran ikan cupang.

 

10.Ikan Cupang Emas

Ikan cupang emas kerap ditemukan di sawah, selokan, sungai, dan rawa. Warnanya keemasan membuat ikan ini terlihat cantik dipandang mata.

 

Diatas merupakan daftar ikan cupang hias yang bisa anda pelihara dirumah. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *