5 Jenis Ikan Laut Ekonomis di Indonesia yang Perlu Diketahui!

 

Ikan hadir dnegan beragam jenis macam ikan yang cukup penting dan memiliki nilai pasaran yang tinggi. Dimana jenis ikan laut ekonomis ini memiliki nilai pasaran yang tinggi dengan volume produksi macro yang terbilang luas dan memiliki daya produksi yang tinggi juga, Indonesia ini sendiri terkenal kaya dalam perbendaharaan jenis ikannya yang didukung dengan iklim tropis dan perairan yang terbilang luas.

Ekonomi tanah air kita sendiri berasal dari laut yang memiliki 3.000 jenis ikan dan 2.700 jenis atau 90 persen darinya hidup di perairan laur. Kali ini, kami akan mengenalkan beberapa jenis ikan laut ekonomis yang bisa kalian temukan di negara Indonesia seperti berikut ini.

Daftar Jenis Ikan Laut Ekonomis yang Ada di Negara Indonesia

1. Trigger Cepluk atau Balistapus

Trigger Cepluk atau Balistapus

Jenis ikan ini ialah berasal dari keluarga kaum causpisillum atau Balistidae. Dimana jenis ikan ini dijadikan sebagai ikah hias sebab memiliki warna yang cerah dan juga unik. Jenis ikan ini sendiri hidup di perairan yang dangkat terumbu karang dan memiliki poanjang sebesar 50 cm. Jenis ikan ini sendiri dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Untuk daerah penyebaran ikan di perairan karang, perairang dangkal terutama di skeitar daerah Banyuwangi dan juga Nusa Penida (Bali).

2. Teri

Teri

Selanjutnya adalah salah satu jenis ikan laut ekonomis yang memiliki harga terjangkau dan hidup di perairan pantai dan membentuk gerombolan besar dan pemakan plankton. Panjang tubuh ini sendiri bisa mencapai hingga sebesar 15 cm dengan sisik yang termilang mudah terlepas. Ikan ini tergolong sebagai ikan pelagis kecil yang penangkapannya dengan payang tepi, bagan, jermal, togo, dan soma dampar. Wilayah cakupannya juga cukup luas dan [enyesuaian tubuh yang hebat dari ikan teri satu ini.

3. Kuwe

Kuwe

Jenis ikan satu ini berasal dari keluarga Carangudae yang hadir dengan keberagaman dari kuwe rumping, rombeh, dan juga macam. Cukup banyak berbagai jenis ikan yang hidup di perairan dangkal dan juga terumbu karang. Jenis ikan kuwe ini juga akna hadir membentuk gerombolan kecil dengan ukuran badan yang mencapai hingga sebesar 50 sampai dengan 75 cm termasuk ikan buas yang suka memakan ikan kecil dan krustasea. Untuk harga ikan ini sendiri dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Untuk daerah penyebaran ikan ini di sepanjang pantai perairan karang Indonesia, Teluk Benggala, dan Teluk Siam.

4. Ikan Terbang

Ikan Terbang

Dan yang terkahir ini adalah salah satu jenis ikan laut yang memiliki telur yang diusahakan sebagai bahan ekspor. Negara yang sering dijadikan tempat ekspor ialah Jepang, Harga daging ini dibanderol dengan harga yang murah di negeri Sakura dan berbanding terbalik dengan harga telur yang benilai dengan harga yang sungguh fantastis. Ikan terbang ini sendiri hidup di lapisan permukaan, perairan pantai, sampaui le[as pantai yang memiliki kadar garam tinggi dan membentuk gerombolan yang besar.

Ikan ini sendiri memiliki panjang tubuh hingga mencapai 25 cm dan biasa ditanggap menggunakan bubu apung dan lain sebagainya, Tempat penyebaran ikan ini berada di perairan Indonesia Timur, tepatnya di Selat Makassar, Sulawesu, Flores, dan lain sebagainya.

Nah itu dia 4 daftar jenis ikan laut terbaik yang akan kalian temuakn dan termasuk sebagai ikan ekonomis yang ada di Indonesia.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *