FAKTA – FAKTA MENARIK YANG DIMILIKI IKAN FENOMENAL PIRANHA

Bila kamu mendengar ikan piranha pastinya tidak akan asing, karena ikan yang satu ini pernah dijadikan sebagai icon sebuah film thriller. Dimana peran yang dimainkan oleh ikan piranha tersebut sebagai ikan yang sadis dan membunuh orang – orang tanpa ampun. Rasanya menyeramkan sekali bila ikan yang satu ini dijadikan sebagai hewan peliharaan, apalagi dengan gigi – gigi tajam yang dimilikinya tersebut sangatlah menakutkan dan membuat badan rasanya sudah lemas duluan. Ikan piranha merupaka ikan air tawar yang bertempat tinggal di sungai – sungai yang berada di Amerika Selatan. Saat berada di sunga – sungai Venezuela, ikan piranha yang satu ini mempunyai nama lain yaitu Caribes.

Memang mereka ini populer dengan giginya yang tajam, serta pengkonsumsi daging. Dengan citranya yang terkesan sadis itu membuat mereka menjadi ditakuti oleh orang – orang, citra mereka yang lahir dengan kesan kejam seperti itu karena sebuah film thriller. Nyatanya ikan ini tidak seberbahaya dan sesadis dari filmya, karena ikan ini ternyata di budidaya oleh beberapa orang. Sebab dijadikan juga sebagai bisnis, karena ikan ini dijual membuat orang – orang membudidaya ikan ini. Terdapat fakta – fakta menarik yang ada di dalam ikan piranha ini, penasaran dengan fakta – fakta apa yang dimilikinya? Simak ulasannya berikut ini tentang fakta – fakta menarik yang dimiliki ikan fenomenal piranha ini.

1.Citra Buruk Piranha Berawal dari Tulisan Theodore Roosevelt

Ternyata citra yang buruk hadir untuk piranha itu awalnya berasal dari sebuah tulisan yaitu Theodore Roosevelt. Saat itu Theodore Roosevel ketika sedang mlekukan perjalanan di tahun 1913 ke Amazon Brazil. Terdapat sebuah pertunjukan yang memang biasanya dilakukan untuk menyambut tamu yang datang dan ketika Roosevelt sedang berkunjung kesana warga setempat pun ingin memberika pertunjukkan tersebut.

Para warga tersebut melemparkan seekor sapi ke dalam sebuah sungai, yang dimana di dalam sungai tersebut terdapat banyak sekali ikan piranha. Tetapi ikan – ikan yang berada di dalam sungai tersebut memang sengaja dibuat lapar terlebih dahulu. Membuat ikan – ikan tersebut saat sedang diberikan sapi menjadi lahap dan bringas sekali, mencabiknya sampai hanya bersisa tulang belulang saja. Membuat pandangan dari Roosevelt pada ikan piranha seperti seekor pembunuh yang sangat sempurna . Membuat dia menuliskan pada buku tentang bagaimana piranha itu.

2.Piranha Pada Umumnya Dijumpai di Sungai Amerika Selatan

Jika kamu ingin melihat ika piranha yang sedang berenang – renang ini, maka kamu dapat menjumpainya di Sungai yang berada di Amerika Selatan. Sungainya tersebut bernama Sungai Orinoco Venezuela sampai dengan Sungai Parana yang berada di Argentina. Terdapat 30 spesies piranha yang hidup dengan disana dengan berbagai macam spesies yang berada di Amerika Selatan.

Tapi untuk dapat melihat piranha tidak hanya harus ke Amerika Selatan, karena kamu dapat menemuinya di tempat lain. Ternyata mereka juga bisa dijumpai di wilayah perairan Cina, Inggris bahkan sampai Texas. Pada awalnya ikan piranha ini adalah ikan peliharaan yang memang dihhanyutkan di sungai.

3.Gigi Piranha Sangat Kuat tapi Dapat Lepas

Dengan ketajaman yang gigi yang terkenal dari piranha ini, membuat gigitan yang dikeluarkannyatersebut tidak ada hentinya. Piranha sendiri diambil dari bahasa tupai Brasil yang berarti ikan gigi. Bahkan gigi dari piranha tersebut sering disamakan dengan ketajama dari pisau, juga menyesuaikan dengan pola makan dari piranha tersebut.

Struktur enamel yang berada pada gigi piranha tersebut serupa dengan ikan hiu. Tetapi ternyata gigi dari piranha sendiri ini bisa copot, selama mereka hidup gigi dari ikan piranha itu bisa copot.

Itulah fakta – fakta menarik yang dimiliki oleh ikan piranha.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *