Ikan Laut Dalam yang Memiliki Rupa Menyeramkan!

Tahukah kamu kalau laut terdiri dari beberapa lapisan yang bahkan belum semuanya sudah diketahui oleh para peneliti? Di dunia ini setidaknya ada lebih dari 230.000 spesies ikan, tapi dipastikan jumlahnya lebih dari itu. Karena masih banyak jenis ikan yang belum tercatat, apa lagi ikan yang ada di laut dalam.

Beberapa ikan laut dalam yang sudah dikenali sendiri rata-rata memiliki bentuk yang menyeramkan. Penasaran kira-kira apa saja ikan di laut dalam yang memiliki tampilan menyeramkan dan tidak biasa? Berikut adalah beberapa ikan bawah laut yang tampilannya dapat membuat kita ketakutan!

Ikan Laut Dalam yang Menyeramkan

1.Cumi-Cumi Vampir

Yang akan kami bahas pertama adalah cumi-cumi vampir. Meski memiliki tampilan seperti gurita, tapi ini adalah cumi-cumi. Hewan ini biasa dapat ditemukan pada seluruh samudra dengan iklim tropis dan mereka hidup di lautan dalam. Meski dari gambar cumi-cumi ini seperti memiliki ukuran yang besar, nyatanya mereka hanya bisa memiliki panjang maksimal 30 cm, loh.

Mereka dapat di temukan di kedalaman laut 600-900 meter dan tempat mereka tinggal minim oksigen dan juga cahaya. Meski demikian, mereka bisa hidup dengan baik. Berbeda dengan cumi-cumi biasa, mereka tidak mengeluarkan tinta ketika melindungi diri mereka.

  1. Ikan Ekor Tikus

Berikutnya ada Ikan ekor tikus yang biasa hidup di laut dalam antara 200 – 7000 meter di bawah laut. Yang menjadi ciri dari ikan ini adalah matanya yang besar dan tubuh ramping dengan ekor tipis. Inilah yang membuat kenapa ikan ini diberi nama Ikan ekor tikus.

Panjang dari ikan ini sendiri bervariasi, mulai dari 10 cm sampai ukuran 1.5 meter. Hingga saat ini sudah ada 2 jenis dari Ikan ekor tikus dan masing-masingnya memiliki bentuk yang berbeda.

  1. Snaggletooth

Snaggletooth merupakan ikan yang tergabung di dalam genus Astronesthes dan setidaknya hingga saat ini ada 48 spesies yang diakui. Ciri-ciri utama dari Snaggletooth adalah ia memiliki gigi yang sangat tajam dan melengkung, serta di dagunya ada jumbai warna merah, ini ia gunakan untuk mengumpan mangsa.

Biasanya ikan ini dapat ditemukan di kedalaman laut 300- 1000 meter dan ukurannya cukup kecil, yaitu hanya berkisar 14,5 cm.

  1. Anglerfish

Anglerfish adalah ikan laut yang paling terkenal di bandingkan dengan ikan laut dalam lainnya. Ia memiliki ciri khas antena di kepalanya yang menyala. Antena ini digunakan oleh Anglerfish untuk memancing mangsa untuk mendekat padanya. Semua jenis dari ikan ini adalah hewan karnivora.

Panjang dari ikan ini cukup bervariasi, antara 2-18 cm dan dapat tetap tumbuh sampai 100 cm. Mereka dapat hidup sampai kedalaman laut 3000 meter, di mana pada kedalaman itu tidak ada cahaya dan juga airnya sangatlah dingin.

  1. Black swallower

Terakhir yang akan kami bahas adalah Black swallower, hewan unik yang memiliki perut elastis. Ya, bagian bawah dari ikan ini adalah mangsanya yang ia telan secara utuh, lalu masuk ke dalam perutnya. Biasanya ia dapat memangsa yang lebih besar 2 kali dari tubuhnya.

Panjang maksimal dari Black swallower adalah hanya 25 cm dan ia dikenal sebagai ikan yang tidak memiliki sisik, kepala panjang, serta moncongnya yang tumpul. Ikan ini biasanya dapat ditemukan di perairan atlantik utara.

 

Itulah beberapa ikan laut dalam yang memiliki tampilan fisik yang unik dan menyeramkan!

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *