5 Daftar Ikan Tawar Raksasa Terbesar yang Perlu Kalian Ketahui!

Heinz Machacek ini merupakan seorang kontributor dari fishbase dan konsultan perikanan yang berada di National Geographic pada sekitar 30 tahun lalu. Dimana ia memiliki database ikan air tawar terbesar yang memiliki bentuk aneh dan ukuran yang raksasa di perairan tawar seluruh dunia. World Records Freshwater Fishing yang berhasil mengumpulkan informasi tentang 507 spesies ikan tawar yang berbeda dan memiliki berat hingga sebesar 5 kilogram dari seluruh dunia. Kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa daftar ikan tawar raksasa terbaik dan terbesar yang perlu kalian pahami. Langsung saja simak daftar lengkapnya berikut di bawah ini!

Daftar Ikan Tawar Raksasa Terbesar di Dunia

1. Pari Air Tawar

Pari Air Tawar

Daftar yang pertama ini merupakan salah satu jenis ikan air tawar terbesar yang ada di bumi. Dimana makanan ikan ini sendiri terdiri dari ikan kecil, krustasea, dan juga moluska. Dimana ikan ini merupakan salah satu jenis hewan terbesar yang ada di Papua New Guinea, Thailand, Australia, Cambodia, Indonesia, Vietnam, dan juga Laos.

2. Karper Siam

Karper Siam

Selanjutnya adalah salah satu jenis ikan yang merupkana salah satu hewan endemik di sungai Mae Klong dan juga Chao Phraya di negara Thailand. Dimana sungai ini berada di berbagai negara yang ada di Indochina. Populasi hewan ini sendiri akan turun drastis karena rusaknya habitat dan overfishing. Individu ini sendiri jarang hidup sampai dengan dewasa, karena telah ditangkap saat masih kecil.

3. Mistus Irrawady

Mistus Irrawady

Mistus Irrawady merupakans alah satu jenis spesies ikan yang bisa kalian temui di beberapa sungai besar yang ada di Myanmar, Thailand, dan juga India. Dimana pada tahun 2010 ini, IUCN berhasil menetapkan status ikan yang merupakan sebagai least concern dan belum ada beberapa pembaharuan setelahnya. IUCN sendiri telah mengingatkan bahwa di negara India ini sudah cukup banyak populasi jenis ikan yang menurun drastis karena adanya penangkapan yang berlebihan. Dan hilangnya habitat ini hadir dnegan penambahan pasir dan juga kerikil sebagai pembangunan dan yang membendung sungai manipur.

4. Murray Cod

Murray Cod

Berikutnya adalah salah satu jenis ikan predator air tawar terbesar yang ada di negara Australia. Dimana jenis spesien ini juga telah mendiami perairan di lembah Murray-Darling yang berada di negara Australia Tenggara yang dianggap sebagai predator puncak. Di awal tahun 1900, ikan ini juga terus diburu untuk bisa kita konsumsi, atau digunakan untuk olahraga memancing. Dimana pemerintah Australia juga telah menetapkan aturan pembatasan penangkapan demi dapat mengembalikan populasi ikan tersebut.

5. Karper Biasa

Karper Biasa

Dan yang terakhir ini merupakan salah satu jenis spesies ikan yang telah tersebar secara luas di perairan eutrofik di danau dan juga sungai besar benua Eropa dan juga Asia. Dimana populasi liar yang dimiliki ikan ini juga dianggap rentan terhadap kepunahanoleh Internasional Union for Conservation of Nature (IUCN). Jenis spesies ini juga dianggap sebagai salah satu jenis spesies invasif yang merusak, termasuk dalam kategori 100 jenis spesies invasif terburuk yang ada di dunia.

Nah itu dia 5 daftar jenis ikan terbesar di dunia yang perlu kalian ketahui. Dimana ikan air tawar ini memiliki tubuh yang unik dan ukuran yang sangatlah besar. Sekian informasi ini kami sampaikan, terima kasih!

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *