Ini Dia 4 Ikan Terkecil di Dunia yang Perlu Diketahui!

 

Di dunia ini merupakan salah satu beberapa jenis ikan yang memiliki panjang tubuh di bawah sebesar 1 cm dan yang lainnya antara 1 cm sampai dengan 10 cm. Umumnya ikan ini hidup di lautan yang luas, tetapi jensi ikan paling kecil di dunia ini baru ditemukan di perairan rawa Pulau Sumetera. Kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa daftar jenis ikan paling kecil yang ada di dunia. Dimana ikan ini kami telah urutkan berdasarkan panjang standar minimum saat mereka dewasa. Kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa daftar ikan terkecil di dunia yang perlu dipahami!

Daftar Jenis Ikan Terkecil di Dunia

1. Schindleria Brevipinguis

Schindleria Brevipinguis

Jenis yang pertama ini merupakan salah satu macam ikan yang bisa dianggap sebagai salah satu spesies ikan laut. Dimana ikan ini berasa; dari kawasan perairan Karang Penghalang Besar Australia dan Karang Osprey di Laut Koral. Dimana ikan ini berkelamin jantan bisa tumbuh panjang sebesar 7.7 mm dan 8.4 cm betinanya. Sedangkan panjang maksimal ikan ini diketahui mencapai sebesar 10 mm. Jenis ikan ini juga telah memegang rekor untuk hewan vertebrata terkecil untuk diketahui.

2. Dwarf Pygmy Goby

Dwarf Pygmy Goby

Selanjutnya adalah salah satu jenis ikan terkecil yang bisa ditemukan di dunia. Dimana ikan ini hidup di perairan payau dan bakau yang ada di kawasan Asia Tenggara, seperti Filiphina dan Indonesia. Untuk ukuran rata-rata jantan dewasa ini diketahui hanya sebesar 9 milimeter. Jenis ikan ini bisa tumbuh hingga sebesar 1.1 cm dan 1.5 cm untuk betinanya. Jenis ikan ini juga memiliki nama lokal di Filiphina, yaitu bia dan tabios.

Ikan jenis ini juga dilaporkan hanya bisa ditemukan di Malabon, Filiphina, tetapi baru ini bisa kita temukan di lokasi Asia Tenggara, seperti Pulau Bali, Sulawesi, Culion, dan Singapura. Jenis ikan ini juag memiliki tampilan yang mirip dengan ikan paedocypris, progenetica, yaitu tidak berwarna dan transparan. Habitat awal ditemukannya ikan yang sudah direklamasi. Ikan kecil ini juga telah masuk sebagai salah satu daftar spesies ikan yang sangat terancam.

3. Royal Gramma

Royal Gramma

Ikan ini juga dikenal dengan sebutan ikan baslet peri atau gramma loreto. Jenis ikan kecil ini berwarna cerah yang berasal dari perairan Karibia. Tampilan ikan ini juga sangat cantik, bisa kalian jadikan koleksi akuarium air asin banyak orang. Dimana ikan ini umumnya berwarna ungu dan kuning. Ikan terkecil dengan panjang sebesar 7.6 cm ini juga sangat cocok dijadikan sebagai hewan peliharaan bagi para pemula. Akuarium dengan terumbu, batu-batuan, atau tumbuhan yang bisa menjadi tempat terbaik untuk memelihara ikan cantik.

4. Firefish Goby

Firefish Goby

Firefish Goby ini merupakan salah satu ikan yang suka bersembunyi setiap kali merasa terancam dan ketakutan. Oleh sebab itu, kalian yang ingin memelihara mereka di dalam akuarium, sebaiknya sediakan terumbu kecil sebagai tempat persembunyian ikan. Di samudera ini ialah penghuni terumbu di kedalaman 6 hingga 70 meter. Di alam liar ikan ini juga bisa kalian temukan berkelompok berenag-renang di atas karang yang dekat dengan banyak tempat persembunyiannya.

Ini dia 4 daftar jenis ikan laut terkecil yang harus kalian ketahui keberadaannya. Ikan terkecil ini bisa kalian temukan pada berbagai perairan yang ada di belahan dunia!

 

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *