TERNYATA IKAN – IKAN INI MEMILIKI UMUR SAMPAI RATUSAN TAHUN

Mungkin yang kamu ketahui biasanya hewan itu hanya akan hidup belasan tahun dan yang paling lama itu adalah sampai usia puluhan tahun. Padahal bila kamu ingin mengetahui terdapat ikan yang dapat hidup sampai dengan ratusan tahun usianya. Benar – benar tidak terbayangkan bukan bagaimana mereka bisa bertahan hidup sampai dengan waktu yang selama itu. Belum lagi seperti apa bentuk fisik mereka yang sudah hidup lama di dalam air. Untuk umur dari ikan sendiri memang kembali lagi kepada bagaimana dia menjalankan hidupnya. Mungkin dari makanan yang mereka konsumsi itu seperti apa dan juga bagaimana mereka dapat bertahan hidup di dalam air tanpa terserang oleh berbagai macam predator.

Bahkan ikan – ikan yang hidup sampai dengan usia ratusan tahun ini, dikatakan oleh ilmuwan sebagai hewan yang dapat menghindari maut. Karena mereka benar – benar dapat bertahan selama itu, karena yang kita ketahui bahwa kebanyakan hewan tu memang memiliki umur yang lebih pendek bila dibandingkan dengan umur manusia. Terdapat hewan yang berukuran besar yang hidup di dara, dimana dia dapat mencapai umur 70 tahun hidup di dunia ini. Hewan tersebtu adalah Gajah Afrika atau Loxodonta, dengan tinggi 3,3 meter. Penasaran ikan – ikan apa saja yang mempunyai umur sampai dengan ratusan tahun? Simak ulasannya berikut ini tentang ikan yang memiliki umur sampai ratusan tahun.

1.Paus Bowhead

Paus Bowhead

Tahukah kamu bahwa paus Bowhead ini dapat hidup sampai dengan usianya yang 200 tahun  lebih. Menjadikannya sebagai mamalia yang memiliki umur terpanjang di dunia, benar – benar tidak terbayangkan bukan bagaimana dia dapat bertahan hidup dengan umur yang selama itu. Bahkan fakta yang lebih mencengangkannya lagi itu bahwa paus Bowhead ini selama dia hidup beratus – ratus tahun tersebut tidak terkenal penyakit sama sekali.

Paus yang satu ini memiliki mulut yang sangat besar dan untuk bisa menemukan paus ini itu berada di perairan Arktik dan Sub – Arktik. Dia tidak sama dengan gerombolan paus yang lainnya, dimana mereka melakukan migrasi dengan tujuan untuk mencari makan dan juga berreproduksi. Selain itu juga paus ini bisa terus tumbuh dengan tubuh yang bisa mencapai ukuran 20 meter atau 66 kaki.

2.Hiu Greenland

Hiu Greenland

Bila mendengar nama hiu rasanya langsung terhubung dengan keganasan yang dimilikinya. Hiu Greenland atau yang biasanya disebut dengan hiu abu – abu termasuk ke dalam keluarga Somniosidae. Digadang – gadang bahwa hiu yang satu ini merupakan vertebrata yang memiliki usia paling lama di dunia. Tidak hanya itu ternyata hiu ini itu termasuk ke dalam hiu terbesar yang ada di dunia, yang dapat bertahan dengan suhu air yang ekstrem sekali pun.

Berat dari tubuh Hiu Greenland bisa mencapai 1000 kg atau 2200 pon, tidak terbayangkan sebagaimana besarnya ukuran dari hiu ini. Tetapi untuk hiu jantan itu memiliku ukuran tubuh yang lebih kecil bila dibandingkan dengan hiu betina.

3.Ubur – Ubur Turritopsis

Ubur – Ubur Turritopsis

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa terdapat ilmuwan yang mengatakan bahwa ada hewan yang seakan – akan dapat menghindari maut. Hewan tersebut adalah ubur – ubur Turritopsis yang tinggal di laut Mediterania, yang dimana dia ini memiliki siklus hidup yang diberi julukan dengan ‘transdifferentiation’ sehingga dia ini bisa hidup dengan abadi.

Maksud dari siklus tersebut adalah dimana dia bila sudah menginjak usia dewasa tidak akan mati. Karena dia akan berubah menjadi polip dimana dia akan berubah dan berkembang menjadi ubur – ubur dan akan terus seperti itu.

Itulah daftar hewan yang dapat hidup  sampai dengan ratusan tahun.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *