Mengenal Lebih Dekat Jenis Ikan Hiu

Mengenal Lebih Dekat Jenis Ikan Hiu – Mungkin bagi sebagian orang menganggap Hiu sebagai ikan yang sangat berbahaya karena film-film populer seperti Jaws dan lainnya.

Namun anggapan itu semua salah, karena hiu merupakan hewan predator yang hanya memangsa ikan-ikan saja. Adapun kasus penyerangan ikan hiu terhadap manusia disebabkan oleh Hiu salah mengenali mangsanya.

Ada banyak sekali jenis-jenis ikan hiu di dunia ini, ada yang sebagian punah dan ada hiu yang jarang diketahui banyak orang. Yuk kita harus mengenal lebih dekat jenis ikan hiu yang ada saat ini.

Baca Selengkapnya: Daftar Ikan Peliharaan Termahal

Mengenal Jenis Ikan Hiu

  1. Great White Shark

 

 

Great White Shark

Great White Shark merupakan predator utama dilautan lepas, Hiu jenis ini bisa kalian temukan di pertengahan laut utama. Hiu jenis ini mampu berenang dengan kecepatan 56 km/jam saat berburu mangsanya.

Ukuran dewasa dari Great White Shark sendiri hanya 3-4 Meter untuk jantan, sedangkan untuk betina bisa berukuran dari 4-6 meter lebih.

  1. Bull Shark

Bull Shark

Bull Shark atau yang biasa kita sebut dengan Hiu Banteng merupakan jenis ikan hiu yang unik, kemampuannya mampu bertahan hidup dalam air laut dan air tawar. Hiu ini cukup terkenal karena pernah menyerang manusia di sungai-sungai.

Jika Hiu Putih di taruh ke dalam air tawar, mungkin hanya bisa bertahan hidup dalam waktu 2 jam setelah itu mati. Sedangkan kalau hiu banteng bisa bertahan hidup di sungai dan banyak ditemukan di perairan dangkal di Sungai Mississippi, Amazon, dan lainnya.

  1. Hammer Head Shark

Great Hammerhead Shark

Sebenarnya Hammer Head Shark merupakan salah satu paling terancam akibat perburuan manusia, mempunyai 4 jenis spesies. Hiu mudah dikenali karena kepalanya yang seperti martil, Great Hammer Head Shark sering di jumpai di dalam perairan cukup dalam dan Hiu Martil terkadang sering di jumpai di pesisir pantai.

  1. Greenland Shark

Greenland Shark

Hiu Greenland merupakan jenis hiu tertua yang masih hidup sampai saat ini, Para peneliti menemukan kalu jenis hiu Greenland Shark yang mencapai umur 512 tahun. Hiu Greenlan mencapai dewasa ketika berumur 156 tahun dengan ukuran 4 meter, hiu ini hidup di perairan dingin dengan suhu minus 1-10°C.

  1. Megamouth Shark

Megamouth Shark

Megamouth Shark merupakan jenis hiu yang paling susah ditemukan dan pernah dianggap punah. Megamouth Shark berukuran sampai 5 meter lebih untuk ukuran betina dewasa, hiu ini hidup dalam laut dalam dan sangat jarang sekali bertemu dengan manusia.

  1. Whale Shark

Whale Shark

Whale Shark atau yang biasa kita sebut Hiu Paus merupakan hiu yang berenang cukup lambat seperti Hiu Greenland. Hiu ini bisa mencapai 10 meter jika sudah berukuran dewasa dan hanya memakan ikan sampai udang kecil dengan cara membuka mulutnya yang besar.

Ikan Hiu ini juga sering di jumpai di samudera Pasifik dan tidak agresif terhadap manusia.

  1. Megalodon

Megalodon Size

Hiu Megalodon merupakan nenek moyang dari Great White Shark, Hiu ini hidup sekitar 10 sampai 70 tahun yang lalu. Para ilmuan sampai sekarang masih banyak yang memperdebatkan bagaimana hewan ini punah.

Megalodon sangat terkenal karena ukurannya yang besar, untuk ukuran dewasa Hiu ini bisa mencapai ukuran 20 Meter melewati hiu paus saat ini. Terlihat dari fosil-fosil Gigi Hiu Megalodon yang sangat besar melebihi ukuran gigi hiu putih.

Gigi Megalodon
Ukuran Gigi Megalodon dengan Great White Shark
  1. Saw Shark

Saw Shark

Merupakan hiu yang sangat jarang ditemukan, ada 5 Jenis dan 4 jenis yang hidup di Indonesia saat ini yang mempunyai berbagai jenis dan ukuran yang berbeda.

  1. Tiger Shark

Tiger Shark

Hiu ini merupakan predator yang agresif dan kebanyakan ditemukan di perairan tropis dan hangat. Berukuran sangat besar mereka bisa tumbuh sampai panjang 5 meter dan beratnya bisa sampai sekitar 800 kg. Hiu ini juga sangat agresif dan bahkan kasus penyerangan hiu terhadap manusia banyak dilakukan oleh hiu ini.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *