5 Jenis Ikan Koki Tercantik Yang Bisa Dipelihara

Banyak sebagian orang yang suka memelihara ikan koki dengan jenis yang berbeda-beda. Memang sudah tidak bisa dipungkiri, bahwa ikan koki ini memiliki postur tubuh yang bisa mempercantik akuarium-mu.

Tahukah kamu? Ikan koki termasuk kedalam jenis ikan hias air tawar yang sangat mudah dipelihara serta memiliki harga yang dibandrol murah lho. Ada juga beberapa ikan koki yang dibandrol dengan harga sangat mahal.

Yuk simak jenis ikan koki tercantik yang bisa dipelihara dirumah diantaranya :

1. Ikan Mas Koki Mutiara

Dari berbagai jenis ikan koki, urutan pertama yang akan kami jelaskan merupakan jenis ikan yang sangat unik dan paling banyak dicari lho. Banyak warga Indonesia yang memelihara ikan yang satu ini, karena ikan mas koki mutiara sangat mudah menyesuaikan ekosistem di negeri ini.

Bagi yang belum mengetahui ciri-ciri dari ikan koki emas yaitu memiliki pola sisik yang mirip dengan mutiara. Sehingga tak heran, ikan ini diberi nama dengan ikan mas koki mutiara. Untuk jenis ikan koki yang satu ini dibandrol dengan harga yang murah lho.

 

2. Ikan Mas Koki Ryukin

Masih termasuk kedalam ikan koki tercantik yang wajib ada didalam akuarim kalian. Jenis ikan ini bisa kamu dapatkan dengan harga yang sangat mudah yaitu hanya Rp 10.000 saja. Namun ikan ini jarang sekali ditemukan di indonesia, melainkan sangat populer di Jepang dan tampak mirip dengan ikan mas fantail.

Ada macam-macam jenis ikan mas koki ryukin diantaranya sabao, yamagata kingyo, serta tamasaba. Khusus untuk jenis tamasaba memiliki ciri khas sendiri lho, karena hanya memiliki satu ekor sirip saja. Namun, ada banyak warna yang bisa menyelaraskan akuarium kamu seperti putih, belacu, biru, merah, dan masih banyak lagi.

 

3. Ikan Mas Koki Black Moor

Pastinya bagi kalian yang memiliki ikan koki ini sangat beruntung, karena postur tubuhnya sangat unik dan berbeda dibanding yang lain. Dimana ikan mas koki black moor lebih dominan warna hitam yang pekat dan memiliki ciri-ciri mata yang menonjol. Sehingga sangat cocok sekali untuk disatukan dengan ikan koki lainnya didalam akuarim kalian.

 

4. Ikan Mas Koki Bubble Eye

Jika kamu sudah pernah melihat ikan koki ini, pastinya sangat menggemaskan. Karena ada beberapa ciri-ciri yang sangat unik dan lucu lho. Ikan Mas Koki Bubble Eye memiliki ciri-ciri seperti bentuk sirip, mata, dan tubuhnya mengarah ke atas yang hampir mirip dengan ikan angkasa.

Jika kamu perhatikan, dibagian pipinya memiliki dua kantong kulit yang berisikan cairan. Kamu juga memerlukan perawatan khusus supaya kantong kulitnya tidak pecah atau rusak. Untuk warna dari ikan ini yaitu beraneka ragam lho, sehingga cocok banget untuk kamu jadikan sebagai ikan hias.

Bagi yang ingin mengetahui perawatannya, kamu bisa beli lampu akuarium dengan watt rendah. Kamu bisa menempatkan lampunya pada bagian gelembung matanya. Kamu juga harus memilih filter yang tidak menghasilkan arus sangat kuat.

 

5. Ikan Mas Koki Lionhead

Salah satu ikan yang sangat populer di Indonesia yaitu ikan mas Lionhead. Bagi yang belum mengetahui ikan ini, pastinya akan mengira bahwa ikan lionhead sangat rancu. Namun nyatanya tidak seperti itu lho guys. Ikan ini sangat bagus dan unik untuk kamu pelihara dibarengi dengan ikan koki lainnya.

Ciri-ciri dari ikan ini yaitu memiliki jambut yang menyerupai surai singa, kamu bisa melihatnya pada bagian kelapa ikan koki lionhead. Yang lebih uniknya lagi adalah jambulnya bisa tumbuh lebih besar hingga ikan ini membesar juga.

 

Itulah jenis ikan mas koki yang bisa kamu pelihara didalam akuarium kalian. Untuk mengetahui perawatan lebih detailnya lagi, kamu bisa menunggu artikel kami selanjutnya guys.

 

 

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *