Deretan 5 Jenis Ikan yang Baik Untuk Pertumbuhan Anak!

Makanan bergizi merupakan salah satu komponen yang paling banyak dikonsumsi keluarga di negara Indonesia. Dimana sebagai negara maritim, negara ini tidak pernah kekurangan pasokan ikan laut. Meski[un begitu, data dari Kementerian Kelautan dan Perikanan di tahun 2019 ini akan menunjukkan adanya konsumsi ikan di negara Indonesia yang masih sedikit berada di bawah target, yaitu sebesar 50.49 kg per kapita daro target 54 kilogram.

Banyak masyarakat perkotaan yang kurang mengkonsumsi ikan. Sedangkan anak balita sendiri pasti ada di setiap daerah dalam sebuah negara. Ikan sendiri memiliki peran penting bagi pertumbuhan dan perkembangan mereka. Kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa jenis ikan yang baik untuk mereka. Langsung saja simak daftar lengkapnya berikut di bawah ini!

1. Ikan Lele

Ikan Lele

Daftar yang pertama ini merupakan salah satu jenis ikan yang sangat populer di negara Indonesia yang sangat mudah didapat, murah, dan rasanya yang cukup lezat. Ikan ini juga memiliki kandungan yang bergizi tinggi dan menjadi dalam salah satu jenis ikan yang baik bagi pertumbuhan dan kembang anak. Ikan lele ini memiliki kandungan protein yang berkualitas tinggi sebanyak 15.6 gram yang bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan asam amino. Fungsi asam amino ini sendiri sangat banyak, dimana akan membantu proses pertumbuhan anak, membentuk kekebalan tubuh, dan lain sebagainya. Ikan ini sendiri juga sangat baik bagi anak, karena memiliki kandungan omega-3 dan omega-6.

2. Ikan Mujair

Ikan Mujair

Selanjutnya adalah salah satu jenis ikan yang sangat baik bagi kesehata anak karena memiliki cukup banyak kandungan nutiris didalamnya. Dimana ikan ini juga mengandung 18.7 gram protein, 9 mg kalsium, 209 mg fosfor, 51 mg natrium, dan juga 265 mg kalium. Kandungan protein yang tinggi pad aikan ini berperan untuk memperbaika jaringan tubuh yang rusak, menambah masa otot, serta memperlancar aliran darah yang kaya akan oksigen. Ikan ini juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang baik bagi daya tubuh dan kembang anak.

3. Ikan Bandeng

Ikan Bandeng

Siapa yang tidak tahu dengan jenis ikan satu ini? Seekor hewan ikan yang memiliki rasa gurih dan daging yang kesat dan cukup menjadi favorit masyarakat Indonesia. Tidak hanya itu saja, ikan ini juga menjadi sumber kalori bagi tubuh ikan. Selain kalori, ikan ini juga mengandung 100 gram protein, 150 mg fosfor, 20 mg kalsium, 4.8 gram lemak, dan 271.1 mg kalium. Ikan bandeng ini sering dijual dalam bentuk bandeng maupun olahan bandeng tanpa duri yang biasanya akan dilengkapi dengan bumbu yang khas agar bisa menambahkan cita rasa yang sungguh lezat untuk disantap.

4. Ikan Tuna

Ikan Bandeng

Dan yang terakhir adalah salah satu jenis ikan yang cukup banyak kalian temukan di Indonesia. Karena Indonesia sendiri merupakan salah satu negara produsen ikan tuna terbesar ketiga di dunia. Ikan tuna bukanlah ikan impot yang seperti layaknya ikan salmo. Ikan tuna ini memiliki asupan gizi anak dengan protein tinggi yang cukup baik. Tidak hanya itu saja, ikan ini juga akan membantu daya serap vitamin yang hanya bisa larut dalam lemak.

Nah itu dia 4 daftar jenis ikan yang perlu kalian ketahui dan cukup baik untuk daya kembang dan tumbuh anak. Sekian informasi ini kami sampaikan, terima kasih!

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *