Jenis – Jenis Ikan Hias Yang Kecil Dan Cantik

Memelihara ikan hias sudah bukan lagi hal yang aneh, hobi ini banyak dilakukan oleh mereka yang senang melihat keindahan ikan tersebut. Banyak sekali macam – macam ikan hias yang kecil dan cantik yang ada saat ini.

12 Ikan Hias Yang Kecil Dan cantik

1. Ikan Discus

Ikan hias berwarna – warni ini pada masanya juga sempat populer oleh karena itu harganya melonjak tinggi. Jenis ikan hias air tawar ini banyak disukai di Asia, karena bentuknya yang  lucu dan coraknya yang indah.

2. Ikan Guppy

Ikan guppy ini adalah ikan hias yang bentuknya sangat kecil dibandingkan dengan ikan hias lainnya. Rata – rata ukuran ikan guppy adalah 4-6 cm untuk yang betina, sedangkan untuk ukuran yang jantan biasanya bisa lebih kecil dari ukuran sibetina.

3. Ikan Mas Koki

Ikan mas koki sudah sangat terkenal dan juga banyak dipelihara oleh pecinta ikan. Memang ikan mas koki ini coraknya hampir sama dengan ikan mas konsumsi, namun perlu kalian ketahui, bahwa ikan mas koki tidak bisa dimakan.

4. Ikan Manfish

Dulu ikan manfish juga pernah sangat populer, hampir setiap aquarium dihiasi oleh ikan manfish. Ikan manfish juga dikenal dengan ikan malaikat, ikan zebra, ikan laying – laying. Karena bentuknya yang unik dan tipis.

5. Ikan Cupang

Kalian harus tahu jika Ikan ini tidak bisa dicampur dengan ikan cupang lainnya, dikenal kuat dan bisa bertahan hidup lama. Kecantikannya yang sangat menonjol pada ikan cupang adalah corak dan warnanya, serta keunikan lainnya yang berbeda – beda.

6. Ikan Komet

Bentunya hampir menyerupai ikan mas koki, yang membedakannya adalah ikan komet bentuknya lebih panjang dan tidak bulat. Biasanya ikan komet memiliki warna dan corak yang menarik, ada pula yang memiliki ekor dan sirip yang panjang.

7. Ikan Neon Tetra

Dengan ukurannya yang imut – imut, serta akan memantukan cahaya terang seperti lampu neon, saat terkena cahaya, tentu sesuai dengan namanya. Kalian bisa merawat ikan ini dengan jumlah yang banyak agar terlihat lebih menarik, dan menyala ketika terkena pantulan cahaya.

8. Ikan Botia

Ikan Botia berasal dari Sumatra Selatan dan Kalimantan. Banyak orang bilang bahwa ikan ini sekarang sangat sulit ditemukan, bisa dibilang hampir punah. Bentuk dan coraknya yang unik akan membuat isi aquarium kalian lebih cantik.

9. Ikan Pelangi atau Rainbow Fish

Seperti namanya ikan ini memiliki tampilan seperti pelangi yang menjadi ciri khas dari ikan ini. Ikan yang berasal dari family Melanotaeniidae dapat kalian temukan di Indonesia dan Australia. Jika di Indonesia ikan bisa kalian temukan di Sulawesi dan Papua. Ikan pelangi asli dari Papua.

10. Ikan Kuhli Loach

Kita semua tahu jika Ikan Kuhli Loach ini bentuknya menyerupai belut. Ikan ini berasal dari perairan Asia tenggara terutama Kalimantan, Jawa, Sumatra, dan Thailand. Ikan ini juga meruoakan ikan yang populer di kalangan pecinta ikan hias, karena kemampuannya memakan alga yang dapat merusak keindahan aquarium.

11. Ikan Badut atau Clown Fish

Jenis ikan hias air laut yang biasa di sebut ikan badut atau clown fish pasti sudah sering kalian liat di film kartun yaitu Findding Nemo. Cara merawat ikan ini cukup mudah, kalian hanya perlu menambahkan 2 terumbu karang untuk di dalam aquarium supaya ikan ini merasa nyaman.

12. Lion Fish

Ikan hias air laut ini cukup unik karena memiliki ornamen – ornamen pada tuduhnya yang bentuknya seperti duri. Jika ingin kalian pelihara, cukup perhatikan ikan mana saja yang dapat di campuri dengan ikan ini.

Itu adalah beberapa informasi ikan hias yang dapat saya berikan, jadi mana ikan yang akan kamu pelihara?

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *