Jenis-Jenis Ikan Nila Yang Unggul Dan Banyak Di Budidayakan Di Indonesia

Jenis-Jenis Ikan Nila Yang Unggul Dan Banyak Di Budidayakan Di Indonesia

 

Bagi kamu yang sudah membaca artikel budidaya ikan lele dan beberapa jenis ikan air tawar dan ikan air laut. Sekarang kita lanjut dengan pembahasan jenis-jenis ikan nila yang unggul dan paling sering dipilih oleh warga indonesia untuk di budidayakan.

 

Tak kalah enak dengan sajikan ikan nila yang memiliki jenis ikan yang sangat beragam. Kamu juga harus mengetahui beberapa macam ikan nila dan kandungan yang terdapat dalam ikan nila tersebut.

Manfaat yang akan kamu dapatkan jika mengkonsumsi ikan nila dan beberapa jenis ikan air tawar lainnya, akan mendapatkan beberapa gizi yang sangat berkualitas.

 

Yang harus kamu ketahui saat membudidaya ikan nila ialah tidak memisahkan antara jenis ikan jantan dan betina. Jenis ikan ini dapat terpotong oleh perkawinan. Hal ini harus di perhatikan ya guys…

Karena hal tersebut akan menghambat ketika ikan nila sedang berada di fase perkawinan maka ikan tesebut efeknya tidak ingin makan.

 

Untuk mengetahui lebih lanjut, kamu bisa mencari tahu beberapa jenis ikan nila yang banyak di budidayakan di Indonesia, diantaranya ada :

 

  1. Ikan Nila Srikandi

Nama lain dari ikan ini ialah Salinity Resistant Improvement Tilapia from Sukamandi.

 

Jika kamu mengkonsumsi ikan nila srikandi kamu akan mendapatkan beberapa keunggulan yang sudah di lansir oleh pihak BPPI diantaranya :

  • Rasanya lebih enak
  • Protein yang akan kamu dapatkan lebih tinggi 17,6% dibanding dengan ikan nila lainnya
  • Bertahan tumbuh dengan kadar garam yang tinggi
  • Pertumbuhannya lebih cepat

 

  1. Ikan Nila GESIT

Salah satu ikan nila yang memiliki pertumbuhan lebih cepat. Hal ini dapat dibuktikan karena pada umur 4-5 bulan sudah mencapai panjang hingga 8cm dengan bobot mencapat 500-600 gram/ekor.

Nama lain dari ikan nila gesit ini ialah Genetically Supermale Indonesia Tilapia. Yang merupakan ikan berasal dari Filipina, rekayasa genetik nila GIFT (Genetic Improvement of Farmed Tilapias).

 

  1. Ikan Nila Citralada

Keunikan dari ikan ini ialah memiliki performa fisik yang menarik, ikan ini berasal dari Thailand yang bisa menghasilkan anakan berjenis kelamin jantan.

Karakteristik dari ikan nila citralada ini memiliki tubuh yang lebih terang dan memiliki garis vertikal lebih jelas, sirip ekornya lebih panjang, dapat memproduksi telur hingga 1500-3200 benih.

 

  1. Ikan Nila Jatimbulan

Menjadi keunggulan yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia merupakan salah satu ikan nila yang memiliki ukuran besar alias jumbo. Ikan ini berasal dari Jawa Timur Umbulan.

 

Keunggulan yang akan kamu ketahui dari ikan nila jatimbulan antara lain:

  • Dapat bertumbuh dengan cepat dan memiliki bobot yang jumbo hingga 30 cm
  • Dapat bertahan hidup di payau dan air tawar
  • Mempunyai tingkat kelangsungan hidup hingga 85%
  • Mempunyai kekebalan tubuh pada bakteri Aeromonas hydrophylia

 

  1. Ikan Nila Larasati

Ikan ini dapat dikembangakan dari berbagai metode diantaranya kolam air tenang, deras, air payau, atau kolam buatan. Untuk kekebalan tubuhnya juga sangat kuat dan kebal terhadap serangga bakteri Streptococcus dan Algalectiae.

 

  1. Ikan Nila Lokal

Karakteristik dari ikan nila lokal ini terlihat warnanya hitam keabu-abuan, pada bagian perut nya lebih terang. Salah satu ikan yang banyak menyebar di Indonesia.

Ikan ini aslinya bukan berasal dari Indonesia, melainkan datang dari Taiwan dan dikembangkan di Todano, Sulawesi Utara kemudian menyebar hingga seluruh di Indonesia.

 

 

Demikianlah beberapa jenis ikan nila yang sudah tertera dengan penjelasan diatas. Buat kamu yang ingin membudidaya ikan nila sebaiknya dapat bertanya-tanya terlebih dahulu agar kamu bisa mengetahui ikan nila mana yang cocok untuk dibudidayakan di tempat tinggal kamu.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *