Jenis – Jenis Ikan Yang Sangat Terkenal Di Manado

Indonesia adalah negara maritim yang terbagi atas beberapa pulau, yang dibatasi oleh perairan yang cukup luas . maka dari itu potensi akan hasil laut pun sangat besar di bandingkan oleh wilayah lain, maka dari itu mari kita mengenal jenis ikan yang berasal dari salah satu bagian yang ada di Indonesia yaitu, Manado.

Manado adalah kota pariwisata yang sangat terkenal akan keindahan alam dan laut nya . Di Manado Terdapat beberapa ikan yang sangat terkenal karena mudah di dapatkan di wilayah kelautan sulawesi utara, khusus nya manado dan sekitar nya.

mari kita kenali jenis beberapa ikan yang mudah di dapatkan di wilayah manado , seperti berikut :

  • Ikan Tude

Ikan tude pada umumnya dikenal sebagai ikan kembung. Ikan Tude sangat terkenal diwilayah sulawesi utara dikarenakan mudah untuk didapatkan, apalagi di wilayah manado terkenal dengan istilah “tude bakar”, karena biasanya ikan ini dibakar dan dimakan bersama sambal yang khas dari wilayah tersebut .

  • Ikan Japuh

Ikan Japuh atau biasanya lebih dikenal sebagai ikan tandipan di wilayah manado. Ikan jenis ini biasanya melewati proses  pengeringan dan proses pengasapan sehingga menimbulkan aroma dan rasa yang sangat khas . biasanya ikan ini di proses untuk dijadikan sambal maupun dijadikan lauk.

  • Ikan Madidihang

Ikan Madidihang dalam istilah umum biasanya dikenal sebagai ikan tuna sirip kuning . ikan jenis ini mempunyai tekstur yang empuk sehingga akan terasa lebih lezat ketika di bakar .

  • Ikan Roa

Ikan Roa adalah salah satu ikan yang sangat khas di daerah sulawesi utara . ikan jenis ini biasanya disebut Galafea, ikan ini biasanya di awetkan terlebih dahulu lalu dibuat menjadi sambal roa .

  • Ikan Cakalang

Ikan Cakalang mempunyai nama yang keren yaitu skipjack . ikan jenis ini berbeda dengan ikan tuna maupun ikan tongkol . Ikan jenis ini sangat mudah di temukan di wilayah perairan maluku dan sulawesi . Pada proses nya , ikan jenis ini biasanya di awetkan terlebih dahulu dengan cara pengasapan dikenal dengan istilah cakalang fufu .

Perbedaan Ikan Tuna Dan Ikan Cakalang

banyak yang mengira bahwa ikan tuna dan ikan cakalang adalah ikan jenis yang sama, meskipun dari kalau sekilas ukuran mereka hampir sama, namun sebenarnya mereka adalah jenis ikan yang berbeda.

perbedaan nya terletak dari garis-garis hitam yang membentang yang terdapat di ikan cakalang, sedangkan ikan tuna tidak mempunyai garis-garis tersebut.

 

 

semoga artikel ini dapat berguna ~

 

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *