Cara Mudah Menghilangkan Kutil Pada Ikan Cupang!

Untuk kamu para pencinta Ikan Cupang, pasti sudah tidak asing lagi dengan penyakit ikan satu ini.  Banyak yang menyebabkan tumbuhnya kutil pada ikan cupang, seperti kualitas air yang buruk salah satunya.

Kutil ini dapat menimbulkan efek yang berbahaya untuk ikan cupang, karena bisa membuat cupang menjadi tidak nafsu makan bahkan tidak mau makan, tentunya ini membuat cupang mati.

Bentuk dari kutil cupang ini sama seperti kutil pada manusia, yaitu ada benjolan kecil di tubuh atau di bagian kepala ikannya. Benjolan yang ada di cupang ini bisa berakibat membuat luka pada ikan cupang.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengobati kutil untuk ikan cupang, salah satunya adalah dengan membersihkan akuarium, lalu larutkan elbayou di wadah yang terpisah dengan dosis 5 gram/100 liter air. Masukkanlah ikan lalu karantina ikan yang sudah terinfeksi tersebut ke dalam wadah yang sudah dilarutkan elbayou. Selama tiga hari, lihat perkembangannya.

Tetapi ada juga cara yang cukup sering dilakukan oleh banyak orang peternak ikan cupang, yaitu dengan melakukan ‘operasi’ kecil pada ikan cupang.

Cara ini  sebenarnya cukup berisiko, namun cukup efektif kalau berhasil melakukannya.

Pertama, kamu harus menyiapkan air es yang sudah dingin untuk membuat cupang pingsan, masukkan sekitar 30 detik saja.

Lalu jika cupang sudah tidak sadarkan diri, ambil cupang dari wadah es tersebut dan ambil Cutter. Kamu bisa mulai untuk menyasat kutil yang ada pada tubuh cupang, pastikan kutilnya tersayat dengan sempurna.

Jika sudah, kembalikan cupang pada wadah semulanya. Mungkin cupang akan diam untuk beberapa menit ke depan, karena ia masih membiasakan diri dengan air biasa setelah masuk ke air es.

Jika berhasil, maka cupang akan kembali berenang dengan lincah. Cara ini memang cukup berbahaya, namun jika sudah ahli, ini adalah cara yang paling ampuh untuk segera menghilangkan kutil di cupang.

Jadi bagaimana? Mudah bukan menghilangkan kutil pada cupang?

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *