Mengenai 6 jenis ikan salmon di dunia

Mengenai 6 jenis ikan salmon di dunia

Tak bisa dipungkiri bahwa ikan salmon ini memang sudah menjadi populer di dunia. Tanpa alasan mengapa ikan ini bisa sangat populer?? Dari sekian banyak jutaan orang di dunia, tentunya sangat menyukai ikan salmon yang memiliki cita rasa paling lezat dan tak ada duanya deh…

Apa saja jenis yang sudah kamu ketahui mengenai ikan salmon ini?? ikan salmon ini tak hanya memiliki satu jenis saja. Melainkan banyak jenis ikan salmon yang sangat populer di dunia.

Simak dibawah ini, kami akan berikan 6 jenis ikan salmon yang populer di dunia diantaranya:

 

  1. Salmon King

Istilah lain dari ikan salmon king ini ialah “chinook”. Jenis salmon yang satu ini termasuk spesies ikan salmon yang paling besar dan dikenal lantaran memiliki tesktur yang mirip dengan mentega. Tidak bisa dipungkiri juga bahwa konstentrasi omega 3 dari salmon king ini paling tinggi dibanding jenis salmon lainnya.

 

Jenis ikan yang satu ini sangat populer di Amerika Serikat, namun salmon raja pada umunya dibudidayakan di Kanada (British Columbia) dan Selandia Baru.

 

Dari harga jenis ikan ini sudah pasti tergolong sangat mahal karena bobot yang sangat besar, ikan salmon raja ini di bandrol sekitar 300ribuan/kg.

 

  1. Coho

Sudah dikenal sebagai ikan “salmon silver”, yang konon katanya ikan ini tidak cepat berubah warna ketika menuju sungai saat coho ingin berkembang biak. Berat dari ikan salmon silver ini mencapai 2,5 hingga 5,5 kilogram.

 

Kamu bisa menemukan ikan salmon silver di pasaran hingga swalayan terdekat.  Karena pada umumnya ikan ini sangat populer dengan ketersediaan yang melimpah. Apalagi pada bulan agustus hingga september.

 

Dari jenis ikan salmon ini juga memiliki sisik perak yang sangat cerah dan kandungan lemak nya cukup sedang. Menariknya, dari jenis salmon ini memiliki tekstur daging yang berwarna orange kemerahan. Kamu bisa menemukan ikan ini di perairan Alaska dan Pasifik Utara.

 

  1. Sockeye

Nama lain dari “red salmon” dikenal memiliki tekstur daging yang merah terang cenderung orange. Banyak juga yang memandang salmon jenis yang satu ini sebagai kualitas terbaik dengan bobot yang mencapai hingga 2,5 kilogram.

 

Bagi kamu para pecinta kuliner, tenang saja guys!!!

Karena ikan salmon yang satu ini tidak mengandung lemak jenuh dan kaya akan omega 3. Ketersediaan dari salmon ini juga sangat melimpah, dan kamu bisa menemukan salmon di pasaran hingga swalayan.

 

  1. Chum

Salah satu jenis ikan yang diberi julukan sebagai “dog salmon” ini bisa mencapai berat rata-rata 3,5 hingga 7 kilogram. Sama seperti jenis ikan yang sebelumnya, bahwa dog salmon ini juga memiliki ketersediaan yang melimpah dan bisa di olah sebagai daging asap.

 

Ciri-ciri dari jenis salmon yang satu ini memiliki warna ungu yang berada di bagian badannya serupa seperti lebam. Satu lagi yang bisa kamu bedakan dari salmon lainnya adalah salmon chum jantan akan mengembangkan gigi/taring nya selama proses pembuahan.

 

  1. Steelhead

Sebutan lain dari jenis salmon ini yakni “rainbow trout salmon” yang memiliki bobot mencapai 1,5 kilogram. Salah satu salmon yang menghabiskan waktunya di laut. Merupakan salmon yang tergolong cukup sulit. Meskipun demikian, ada juga beberapa cara budidaya salmon rainbow di Lautan Pasifik dan Atlantik.

 

  1. Pink

Salmon merah muda yang bisa kamu sebut sebagai “humpback pink salmon”, memiliki tektur daging yang berwarna pink. Perbedaan salmon jenis ini dengan yang lainnya adalah memiliki punuk yang menonjol.

Salmon yang digolongkan memiliki ketersedian melimpah ini memiliki berat rata-rata 1,5 hingga 2,5 kilogram. Walaupun ikan ini berukuran kecil, namun cara menangkap nya sangat mudah lho…

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *