Tips Pelihara Ikan Saat Memiliki Anak

Ikan adalah hewan yang tidak bisa seperti kucing atau anjing yang dapat dibawa ke mana-mana dan diajak bermain. Jika dipelihara, maka ikan hanya bisa diam di akuarium mereka. Tapi konsep ini terkadang tidak dimengerti oleh anak-anak, di mana mereka ingin bermain dengan ikan-ikan yang ada di akuarium tersebut.

Nah, untuk kamu yang tetap ingin pelihara ikan dan memiliki anak-anak, tenang saja karena kami memiliki serangkaian tips yang mungkin bisa membantu kamu untuk mengatasi hal ini.

Tips Memelihara Ikan Saat Memiliki Anak

1.Letakkan yang Jauh dari Jangkauan

Biasanya anak yang berusia 2-7 tahun cenderung penasaran dengan apa yang dilihatnya dan mereka ingin menyentuhnya. Jika mereka tidak berhati-hati, maka bisa saja ada kejadian yang tidak diinginkan, seperti air akuarium tumpah dan akuarium pecah.

Untuk menghindari hal ini, maka kami menyarankan untuk meletakkan ikan jauh agar tidak bisa digapai oleh anak-anak. Atau jika ikan berada di kolam, ada baiknya memberikan batasan yang membuat mereka tidak bisa tercebur ke dalam kolam karena penasaran dengan ikan-ikan yang berenang di dalam kolam.

  1. Berikan Pengertian

 

Saat memelihara ikan, ada baiknya berikan mereka pengertian kalau ikan bukanlah hewan yang bisa diajak bermain-main. Beritahu juga kalau ikan merupakan hewan yang tinggal di air, jika diangkat di udara ia tidak bisa bernafas dan bisa membahayakan ikan.

Anak-anak adalah sosok yang penuh akan kasih sayang, dan biasanya mereka akan menghormati privasi dari ikan dan merawatnya agar tidak terjadi sesuatu padanya.

  1. Mengajak Anak Bantu Pelihara Ikan

Ini adalah salah satu langkah yang paling baik dilakukan untuk mengedukasi anak mengenai ikan. Kita bisa mengajak mereka untuk merawat ikan, ini akan membuat mereka menjadi lebih terikat dengan ikan-ikan yang ada. Mereka juga bisa menjadi memiliki tanggung jawab dengan apa yang terjadi dengan ikan-ikan yang sedang mereka rawat.

Selain itu jika ingin anak-anak lebih memiliki rasa tanggung jawab, ada baiknya berikan mereka jadwal memberikan makan ikan. Setiap hari jadwal memberi makannya berbeda, jadi mereka akan memiliki rasa tanggung jawab yang tertanam di benaknya.

  1. Biarkan Mereka Melihat Dari Luar Akuarium

Ada saatnya orang tua khawatir dengan anak-anak yang terlalu dekat dengan akuarium, karena biasanya mereka bisa melakukan hal yang terduga. Namun, jika anak berkata ia hanya ingin melihat saja, maka tidak ada salahnya untuk membiarkan dia melihat ikan-ikan yang berenang di akuarium.

Ini juga merupakan hal yang baik untuk melatih edukasi mereka terhadap ikan-ikan. Siapa tahu nanti mereka memiliki ketertarikan berlebih kepada ikan kedepannya.

  1. Biarkan Mereka Memilih Ikan yang Diinginkan

Saat memilih ikan untuk dimasukkan ke akuarium, cobalah ajak anak untuk memilih ikan mana yang ingin mereka rawat di dalam akuarium. Hal ini bisa membangun rasa kepemilikan di diri anak, di mana mereka menjadi merasa bertanggung jawab dengan ikan yang mereka pilih tersebut. Nantinya, anak akan terbiasa dan merawat semua ikan yang ada di dalam akuarium dengan baik.

 

Itulah beberapa tips yang bisa kami berikan seputar memelihara ikan ketika memiliki anak. Semoga bisa dipahami dan membuat kamu lebih mudah mengatasi masalah memiliki akuarium ketika memiliki anak di rumah.

Apakah artikel ini membantu? Silahkan berikan alasan di kolom komentar di bawah, ya!

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *