Penyakit Ikan Cupang dan Cara Untuk Mengobatinya!

Sejak dulu, ikan cupang dikenal sebagai ikan hias yang memiliki harga selangit, apa lagi kalau ikan tersebut memiliki warna yang cerah. Namun, sayangnya ikan cupang merupakan jenis ikan yang rawan terkena penyakit. Banyak faktor yang membuat ikan cupang bisa terkena penyakit, yaitu karena kurangnya kebersihan air atau adanya kontaminasi pakan.

Ada apa saja sih penyakit yang ada pada ikan cupang? Berikut adalah beberapa penyakit pada cupang dan cara untuk mengobatinya.

Penyakit di Ikan Cupang

1.White Spot (Bintik Putih)

Ini adalah penyakit yang paling sering ditemui pada ikan cupang, di mana ini juga merupakan penyakit yang menular. Biasanya yang menjadi penyebab dari penyakit satu ini adalah air yang tidak bersih dan membuat ikan mudah terserang penyakit satu ini.

Kalau sudah terpapar penyakit ini, biasanya cupang kurang nafsu makannya dan warnanya menjadi lebih pucat. Selain itu karena rasa gatal yang ada di tubuhnya, cupang akan menabrakkan tubuhnya ke dinding akuarium.

Jika sudah mengalami gejala ini, lakukan karantina pada cupang dengan cara mengganti airnya dan tambahkan obat biru dan juga garam di air yang baru. Buat juga ikan terkena sinar matahari agar penyembuhannya semakin cepat.

  1. Velvet (Bintik Emas/Karatan)

Kalau kamu melihat adanya bintik dengan warna emas di tubuh cupang, ini adalah ciri dari penyakit Velvet ini. Biasanya cupang akan menjadi malas bergerak, warna menjadi lebih pucat, dan siripnya menguncup. Penyebab penyakit ini juga sama dengan White Spot, di mana dikarenakan air yang kurang bersih.

Obatilah cupang dengan cara yang sama dengan cara mengobati White Spot, lalu dilakukan setiap 3 kali sehari sampai Velvet pada cupang menghilang.

  1. Pop Eye (Mata Bengkak)

Mungkin ini adalah jenis penyakit yang paling membuat khawatir setiap pemilik ikan cupang, karena ia sangat ketara. Kondisi terparah dari penyakit ini adalah mata semakin membengkak dan seakan mau ke luar, kalau sudah seperti itu pengobatan tidak mudah untuk dilakukan.

Yang membahayakan adalah penyakit ini bisa menular ke ikan lainnya, jadi segeralah lakukan karantina dan memberikan antibiotik khusus untuk ikan. Ganti air setiap 3 kali sehari dan lakukan juga pengobatannya sampai ikan sembuh.

  1. Inflamed Gilss (Insang Merah)

Inflamed Gilss atau Insang merah adalah penyakit yang disebabkan keracunan nitrat, ini membuat insang membengkak sampai membuat ikan menjadi sulit untuk bernafas. Sebab itu, ikan akan terlihat pada permukaan air.

Penyakit ini tidak menular, namun gantilah air yang sudah tercemar dan tambahkan obat biru juga garam ikan. Selama 3 hari lakukan perawatan sampai ikan sembuh.

  1. Fin Rot (Busuk Sirip)

Terakhir yang akan kami bahas adalah Fin Rot atau Sirip yang busuk, ini ditandai dengan warna cupang menjadi lebih pucat dan kalau dibiarkan badannya bisa membusuk. Penyakit ini muncul karena adanya bakteri dan kebersihan air yang kurang terjaga.

Dengan melakukan karantina, pembersihan akuarium, dan mengganti air, ikan bisa terobati. Tambahkan jugalah antibiotik dan garam khusus ikan. Kalau berhasil, sirip ikan nantinya akan kembali tumbuh.

 

Itulah beberapa penyakit ikan cupang yang sering muncul pada ikan cupang kesayanganmu. Jika sudah muncul penyakit-penyakit ini, ada baiknya untuk segera melakukan penanganan agar cupang bisa kembali sehat seperti semula. Apakah informasi ini bermanfaat untuk kamu?

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *