Ikan Yang Menyebabkan Hidup Anda ‘Tak Etis’

Baru saja sore kemarin, di bawah payung warung berwarna pelangi terlihat seorang mahasiswa sedang lahap memakan nasi hanya dengan keripik pedas. Padahal di alas nasi sebelahnya, terdapat daging ikan dengan baluran bumbu kuning yang dari tampilannya saja sudah bisa membuat anda ‘ngacay’. Lalu, kenapa dia tidak menjadikan daging ikan itu sebagai teman nasi tadi? Kenapa dia meninggalkannya?

Ya, kemungkinan besar si mahasiswa tadi mempunyai alergi terhadap daging ikan. Entah itu alergi untuk mengonsumsi atau lain hal sebagainya yang membuat dia memilih untuk menganggurkan daging ikan tersebut. Mengenai alergi, hal ini terjadi karena reaksi abnormal sistem kekebalan tubuh terhadap protein-protein yang terdapat pada beberapa jenis ikan tertentu. Tingkat keparahan setiap orang berbeda-beda dalam kasus alergi ini. Bahkan pada kasus paling parah, seseorang sama sekali tidak diperbolehkan menyentuh ikan secara langsung. Sebab inilah yang membuat beberapa jenis ikan ‘tersudutkan’, padahal pada kenyataannya ikan adalah salah satu makanan yang mengandung banyak gizi dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh.

Omega, yodium, selenium, fluorida, zat besi, magnesium, zink, taurine, juga coenzyme adalah nama nama asam lemak tak jenuh yang bermanfaat bagi tubuh dan semua itu bisa anda dapatkan ketika mengonsumsi daging ikan. Kandungan omega 3 pada daging ikan juga jauh lebih tinggi dari protein hewani lainnya. Orang yang mendapat asupan cukup kandungan-kandungan tadi, bisa dikatakan memiliki otak yang pintar. Anda tak percaya? Coba lihat saja masyarakat Negara Jepang. Mereka mengonsumsi ikan pada hampir setiap jam makan. Jadi, rasa-rasanya kurang bijak jika kita selalu melihat ikan dari sisi buruknya yang dapat menimbulkan reaksi alergi.

Tapi setelah bahasan buruk dan baiknya, ada satu sisi lain tersisa yang bisa dilihat dari pengonsumsian daging ikan ini. Ada beberapa ikan yang tidak boleh dikonsumsi dan bisa membuat hidup anda ‘tak etis’ jika anda mengonsumsinya. Maka dari itu, berikut dijabarkan beberapa ikan yang tak semestinya anda telan meskipun dengan balutan bumbu mie instan,

 

1.Ikan Hasil Curian

Ikan Hasil Curian

Ya, anda tidak salah membaca. Memang jenis ikan ini adalah pembuka daftar ikan yang tak etis jika anda konsumsi. Kenapa? karena anda adalah manusia yang sudah semestinya beradab bukan kucing liar tak tahu malu yang bisa seenaknya mencuri. (Mohon untuk diingat dalam-dalam dipikiran anda, kucing disini hanyalah sebuah metafora)

 

2.Ikan Cupang

ikan cupang

Lihat dengan jeli gambar diatas. Apakah anda tega melahap ikan yang diciptakan dengan keindahan warna dan liukan gemulainya, hanya demi memuaskan nafsu makan anda yang terkadang berlebihan itu? Ayolah, biarkan ikan cupang ini menjadi pelipur mata lelah anda!

 

3.Ikan Hiu

 

Sedikit edukasi, ikan laut satu ini sedang mengalami fase hampir punah. Hal ini disebabkan oleh keserakahan manusia yang lebih mementingkan isi perutnya daripada keberlangsungan kehidupan alam di laut. Tinggalkanlah mereka dengan damai, jangan sampai kita ganggu, sebelum gambar diatas menjadi kenyataan buruk untuk kita. (fyi; ikan hiu tidak makan tomat)

 

4.Ikan Fugu

ikan hiuikan fugu

Jika anda tidak ingin kehilangan kesadaran, jangan sampai mengonsumsi ikan satu ini. Meskipun terlihat menggemaskan, namun terdapat kandungan berbahaya dalam tubuhnya. Lagi pula, apakah anda tega menyantap guru mengemudi teman kecil kita, Spongebob Squarepants?

 

Nah, begitulah daftar ikan-ikan yang tak seharusnya anda konsumsi. Meski dalam keadaan darurat apapun, percayalah 4 ikan tadi adalah ide yang sangat-sangat buruk dan malapetaka yang hebat untuk perut anda.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *