5 Hal Yang Perlu di Perhatikan Sebelum Memiliki Aquarium Laut

Akuarium air laut merupakan salah satu hobi yang bisa menghilangkan stress kalian sekaligus memberikan efek visual yang baik pada ruangan rumahmu.

Sayangnya, mempunyai akuarium air laut tidaklah semudah mempunyai akuarium air tawar konvensional. Selain perawatannya yang berbeda ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan sebelum memiliki akuarium air laut.

5 Hal Yang Harus di Perhatikan Saat Memiliki Aquarium Laut

Bagi kalian yang ingin memiliki akuarium sebagai salah satu elemen interior didalam rumah, berikut ini hal-hal yang perlu kalian perhatikan sebelum memiliki akuarium laut.

1. Tipe Ekosistem dari Akuarium Air Laut

Setiap akuarium air laut mempunyai jenis ekosistem yang berbeda. Perbedaan ekosistem berarti cara perawatannya juga beda lalu peralatan yang kamu perlukan juga berbeda.

Beberapa jenis ekosistem akuarium air laut yang umumnya dimiliki para pecinta akuarium air laut yakni ekosistem FOWLR (fish only with live rock) yang hanya terdiri dari batu dan ikan laut hias, ekosistem terumbu karang, ekosistem kuda laut, ekosistem terumbu karang air dingin, dan berbagai jenis ekosistem lainnya.

2. Ukuran Akuarium Air Laut yang Kau Miliki

Hal lain yang perlu kalian perhatikan adalah ukuran akuarium laut yang akan kalian miliki.

Banyak yang menyangka nano aquarium atau akuarium air laut berukuran kecil lebih cocok untuk pemula. Padahal akuarium kecil lebih sering terkena masalah.

Akuarium air laut yang berukuran sedang sangat cocok bagi kalian yang ingin memiliki akuarium air laut, karena ukurannya yang tidak terlalu kecil sehingga perawatannya mudah dan kalian juga bisa berkreasi dengan akuarium tersebut.

cara merawat akuarium laut

3. Sistem Filter Akuarium Air Laut

Selain memperhatikan ukuran akuarium, kalian juga harus memperhatikan sistem filternya. metode pemfilteran ini berfungsi untuk memastikan air di dalam akuarium air laut bersih dan bebas dari berbagai zat berbahaya yang membahayakan ekosistem akuarium laut.

Namun, menggunakan sistem filter akan mengurangi nutrisi yang ada didalam akuarium laut, maka dari itu gunakan nutrisi tambahan secara berkala.

4. Sistem Pencahayaan dari Akuarium Air Laut

Sistem pencahayaan adalah alat lain yang perlu kalian pahami setelah memahami metode pemfilteran pada akuarium air laut, apalagi jika di dalam akuarium air laut terdapat koral. Koral membutuhkan sinar yang cukup untuk bisa tumbuh dan berkembang dengan bagus.

Untuk opsi metode pencahayaan, jenis lampu LED sangat direkomendasikan untuk pemula, selain hemat listrik dan tidak cepat rusak, Lampu LED juga berguna untuk pertumbuhan koral.

5. Ikan untuk Akuarium Air Laut

Agak berbeda dengan kolam ikan mini, hal penting dalam memilih ikan yang akan mengisi akuarium air laut milikmu yakni kecocokannya antar ikan yang satu dengan ikan yang lain.

Apalagi, ada banyak jenis ikan yang mempunyai karakter yang besifat teritoris dimana ikan biasanya ogah memberikan areanya untuk ikan lain.

Setelah ikan dipilih, buatlah ekosistem akuarium air laut semirip mungkin dengan ekosistem aslinya di laut untuk membuat ikan lebih nyaman dan tidak mudah stress dengan menambah koral yang umumnya ada pada ekosistem dimana ikan itu hidup di laut.

Memulai Akuarium Air Laut

Sistem paling akurat untuk memahami bagaimana metode kerja akuarium air laut yakni dengan langsung mempraktekkannya. Ketika hendak memulai, jangan ragu untuk berbicara dengan spesialis atau tempat kamu menerima berbagai peralatan dekor akuarium air laut milikmu.

Selalu pantau perkembangan awal akuarium air laut milikmu sehingga saat terjadi sebuah kesalahan, kamu bisa langsung membetulkannya sebelum hal tersebut memberikan dampak pada akuarium air laut yang kamu miliki.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *