5 Tips Cara Merawat Ikan Lohan yang Baik dan Benar!

Apakah kalain menyukai ika jenis lohan untuk dijadikan salah satu peliharaan kalian di rumah? Konon katanya memelihara ikan yang memiliki dahi besar ini akan membawa kebahagiaan, kesejahteraan, dan juga kemakmuran di rumah. Oleh sebab itu, cukup banyak orang yang memelihara salah satu ikan jenis ini. Banyak orang yang belum begitu memahami merawat jenis ikan ini, oleh sebab itu pentingnya kita mengetahui bagaimana cara merawat ikan jenis satu ini. Langsung saja simsak daftar lengkapnya berikut di bawah ini!

1. Memperhatikan Ukuran Akuarium

Memperhatikan Ukuran Akuarium

Tips pertama ini merupakan salah satu cara merawat ikan lohan yang bisa kalian beli di akuarium sebagai tempat tinggal ikan kalian. Ukuran aquarium sendiri yang tepat untuk ikan ialah panjang yang mencapai 90 cm, lebar 40 cm, dan tinggi 50 cm. Kalian juga bsia memberikan penyaring seperti lampu jenis TFC pada akuarium, nyalakan lampu selama 10 jam agar bisa menghangatkan suhu air didalamnya.

2. Memberi Jumlah Pakan yang Tepat

Memberi Jumlah Pakan yang Tepat

Selanjutnya adalah salah satu tips yang bisa kalian lakukan untuk memenuhi nutrisi pada ikan. Dimana kalian harus bisa memberikan jumlah pakan yang tepat untuk bisa mencegah adanya kelebihan dan kekurangan pada pakan. Kalian juga bisa memberikan ikan sedikit demi sedikit. Dimana kalian permu memperhatikan gerakan lohan apabila mulai melambat, berarti ikan ini sudah kekenyangan.

3. Kontrol pH Air

Kontrol pH Air

Untuk mengontrol pH air ada beberapa alat yang bisa kalian gunakan untuk mengetahui baik buruknya kualitas air yang ada pada akuarium. Dimana alat ini akan mengukur kandungan Hidroksida (OH) dan Hidrogen (H+) pada kualitas air kalian. Skala pH ini sendiri yang cocok untuk hidup ikan lohan berada di antara pH7 sampai pH8.

4. Pakan Ikan Lohan

Pakan Ikan Lohan

Agar ikan bsia tumbuh dnegan baik, kalian perlu memberi makan ikan dengan pakan yang berkualitas. Dimana kalian bsai memberikan paakan alami dan buatan pada ikan lohan kalian. Pakan alami yang bisa kalain berikan diantaranya adalah udang, anakan lele, anak ikan emas, ikan kecil, cacing sutra, cacing darah, dan juga jangkrik. Kalian juga bisa memberikan ikan pangan buatan agar nutrisi yang diperlukan dapat terpenuhi.

5. Memperhatikan Suhu Air

Memperhatikan Suhu Air

Memperhatikan kualitas dan suhu air pada akuarium berguna agar ikan tidak mengalami rasa stress. Umumnya suhu pada akuarium ikan berada di antara 29 sampai dengan 30 derajat celcius. Usahakan kalian mengganti air akuarium setiap dua minggu sekali agar kualitas air tetap selalu terjaga dan dalam keadaan bersih. Kalian juga tidak boleh terlalu sering mengganti air pada akuarium ikan, hal ini dikarenakan akan membuat ikan lohan kesayangan kalian menjadi mudah stress dan warnanya akan berubah.

6. Beri Lingkungan yang Terang

Beri Lingkungan yang Terang

Pastikan lingkungan tempat tinggal lohan tidak berisik, kalian bisa tempatkan akuarium di ruangan yang sepi, seperti ruang tamu. Karena suasana yang tenang akan membuatikan jadi tidak penakut dan tidak mudah terkejut.

Nah itu dia 6 tips cara merawat ikan lohan yang perlu kalian ketahui dan pahami. Sekain informasi ini kami sampaikan, semoga tips diatas ini bisa membantu kalian memberikan cukup banyak informasi. Yuk, ikuti tips diatas ini agar ikan lohan kesayangan kalian dapat terawat dan bisa hidup dengan nyaman dalam akuarium air kalian.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *