5 Jenis Ikan Hias Air Tawar Langka yang Ada di Dunia 

5 Jenis Ikan Hias Air Tawar Langka yang Ada di Dunia – Ikan hias air tawar langka adalah style ikan yang bisa dibilang jarang ditemukan, dan apalagi tersedia yang nyaris punah. Berbeda bersama ikan hias air tawar lainnya yang lazim diburu untuk dijadikan koleksi di akuarium rumah. Umumnya mereka diburu dikarenakan miliki bentuk yang unik bersama corak warna yang indah.

Sedangkan ikan hias air tawar langka termasuk dalam style yang terancam punah. Menurut buku Ensiklopedia Ikan Hias Air Tawar, Darti Satyani Lesmana, 2015, jumlah habitat yang berkurang, polusi air, dan diperparah bersama penangkapan ikan secara berlebihan memicu sebagian style ikan hias air tawar langka sebagian tahun terakhir.

5 Jenis Ikan Hias Air Tawar Langka

1. Black Ghost
Nama ilmiahnya adalah Apteronotus albifrons, ikan ini berasal dari Amerika Selatan termasuk Amazon. Bentuk tubuh ikan ini memadai unik dikarenakan di anggota tubuhnya terdapat gelambir dan keseluruhan tubuhnya berwarna hitam layaknya namanya jika ekornya.

Black ghost yang termasuk ikan hias air tawar langka ini adalah ikan yang populer. Ikan ini termasuk ikan yang aktif di malam hari. Jika digabungkan bersama ikan lain, ikan ini tak dapat mengganggu ikan yang lain. Hebatnya ikan ini bisa menghasilkan listrik dalam jumlah yang kecil. Sayangnya, ikan ini memadai sulit untuk ditemukan dikarenakan di Indonesia pembudidayaannya tetap jarang.

2. Ikan Harimau Sumatera
Ikan harimau Sumatera miliki corak yang nyaris mirip layaknya harimau dan berasal dari Pulau Sumatera. Ikan ini miliki warna dasar orange (kekuningan) bersama corak hitam memanjang.

Akan tetapi ikan ini telah bisa jarang ditemui di habitatnya karenanya banyak para kolektor ikan hias yang memburu ikan ini.

3. Ikan Zebra Pleco


Zebra Pleco mempunyai corak hitam bersama garis-garis putih yang nampak layaknya Zebra. Zebra Pleco bersama ikan sapu sapu sebenarnya tetap satu keluarga. Asal ikan ini dari Sungai Amazon dan merupakan style ikan hias sapu sapu yang termahal. Akan tetapi ikan ini sekarang telah langka sekali dan jarang ditemukan, terlebih di alam liar.

4. Ikan Neon Tetra
Ikan neon tetra adalah ikan yang memancarkan cahaya layaknya namanya. Ikan hias air tawar langka ini merupakan style ikan hias yang terlalu indah untuk disimpan di dalam akuarium.

Nama ilmiahnya adalah Paracheirodon innesi. Ukuran tubuh ikan hias neon tetra kecil termasuk mempunyai warna dominan, yakni warna merah yang menghiasi anggota bawah tubuhnya dan warna biru yang mengkilat terhadap anggota yang melintang di sepanjang tubuhnya.

Baca juga: Perbedaan Ikan Nila dan Mujair

5. Ikan Bala Shark
Ikan hias air tawar langka ini mempunyai warna sirip dan sisik yang mengkilap metalik dan juga warna kontras tambahan putih dan hitam. Ikan ini bentuknya mirip bersama ikan hiu dan termasuk ke dalam keluarga Cyprinidae. Anehnya, ukuran ikan yang yang miliki tubuh layaknya predator laut ini memadai kecil. Bala shark bisa tumbuh hingga capai panjang 35 centimeter.

Populasinya jadi berkurang dalam sebagian tahun paling akhir ini.

Demikian 5 style ikan hias air tawar langka yang tersedia di dunia,jika Anda adalah seorang pecinta ikan hias, sebaiknya berlaku bijak ya kalau mendambakan memeliharanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>