5 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah yang Mudah Dipelihara

5 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah yang Mudah Dipelihara – Memelihara ikan hias air tawar adalah kegemaran masyarakat luas. Tidak hanya mempercantik sudut ruangan rumah, memandangi ikan selama berjam-jam didalam akuarium dapat menambahkan ketenangan.

Ada banyak jenis ikan yang dapat dipelihara. Jika anda tetap bingung dapat memelihara ikan seperti apa, maka anda dapat perhatikan artikel tersebut ini yang berisi rekomendasi ikan-ikan hias yang selain penampilannya yang menarik, langkah memeliharanya terhitung memadai mudah.

Jenis-Jenis Ikan Hias Air Tawar

Berikut ini adalah jenis-jenis ikan hias air tawar berdasarkan buku Ensiklopedia Ikan Hias Air Tawar oleh Darti Satyani Lesmana (2015:37-101)

1. Cupang Aduan/Siammese fighting fish (Betta splendens)
Ikan ini kerap dijadikan sebagai ikan aduan. Ikan ini memilki badan yang memanjang dengan sirip punggung memadai lebar. Warna ikan ini bervariasi, seperti biru, hijau, pelangi, dan tersedia pula yang agak merah. Ikan jantan berwarna lebih bagus berasal dari ikan betina supaya lebih punya nilai sebagai ikan hias.

Ikan ini sebaiknya dipelihara satu ekor didalam satu wadah gara-gara sifatnya yang agresif, lebih-lebih yang jantan. Ikan ini berbentuk omnivora supaya dapat diberi makan apa saja, meskipun lebih puas pakan alami.

2. Ikan Macan (Botia macracantha)
Ikan ini adalah primadona ikan hias air tawar. Ikan ini punya warna dasar kuning dengan 3 pita berwarna hitam lebar melintang berasal dari punggung ke tempat ventral badan. Pita pertama di kepala, ke dua di sedang badan, dan ketiga di belakang dekat ekor. Sirip-sirip berwarna orange. Ikan ini sangat sensitif terhadap perubahan lingkungan. Ikan ini terhitung omnivora dan dapat diberi pakan alami atau buatan.

Baca juga: Ini Tips Mengawinkan Ikan Guppy Agar Ikan Hias Berkualitas

3. Lou Han (Cichkasoma maculicauda)
Ikan ini membawa ciri kepalanya yang bundar dan badannya yang berbentuk oval, pipih ke samping dengan ekor berbentuk kipas. Warna dasarnya putih sampai abu gelap dengan pita lebar membujur di 1/2 badannya.

Ikan ini terhitung omnivora dan dpat diberi pakan apa saja, baik pakan hidup, sayuran, maupun pakan buatan. Oleh gara-gara itu, ikan ini tidak cocok dipelihara didalam aquascape.

4. Toman/Gbaus Toman (Channa micropeltes)
Badan ikan toman punya ciri garis warna orange terang berasal dari moncong je sirip anggota atas. Pada anggota atas dan bawah sirip tersedia garis horisontal warna hitam yang terputus dengan bintik-bintik tak beraturan yang dapat hilang ketika dewasa. Ikan ini terhitung karnivora dan hanya memakan ikan dan udang kecil.

5. Rainbow Merah/Ikan Pelangi (Glossolepis incisus)
Seluruh tubuh ikan ini berwarna merah sampai merah bata. Bentuk tubuh ikan ini pipih ke samping agak memanjang. Sirip punggung tersedia dua buah. Ikan ini berbentuk omnivora, namun tetap puas pakan alami.

Itulah 5 jenis ikan hias air tawar yang dapat anda jadikan sebagai pilihan kecuali anda tertarik memelihara ikan hias di rumah anda. Semoga Info ini dapat berfaedah untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>