5 spesies ikan yang terancam punah dan dilindungi di Indonesia

 Indonesia yaitu salah satu negara dengan keanekaragaman ragam ikan tertinggi di dunia. Ikan mempunyai banyak manfaat namun sayangnya yaitu sumber daya alam yang terbatas.

Artinya, seiring dengan peningkatan pemanfaatan ikan karenanya populasinya juga semakin menurun. Kini banyak ikan mulai terancam punah dan sepatutnya menjadi satwa yang dilindungi.berikut admin dunia ikan rangkum ikan apa saja yang hampir punah dan dilindungi oleh pemerintah Indonesia.

Berikut 5 spesies ikan yang terancam punah dan dilindungi di Indonesia menurut Kepmen KP No 1 Tahun 2021.

1. Arwana Kalimantan (Scleropages Formosus)

image

Ikan yang mempunyai skor jual tinggi ini acap kali dieksploitasi secara berkelanjutan padahal siklus reproduksinya betul-betul lambat menyebabkan penurunan populasi sampai terancam punah.

Ikan ini berhabitat di sungai-sungai besar yang tertutup vegetasi pohon-pohon, di perairan yang mengandung gambut dengan sebaran di kawasan Kalimantan dan Sumatera. Ikan ini dilarang untuk diperdagangkan secara internasional kecuali dari hasil budi daya.

2. Pari Gergaji Lancip (Anoxypristis Cuspidata)

image

Ikan ini acap kali diburu sebab acap kali dikonsumsi, diwujudkan dekorasi pada upacara adat, komponen tubuhnya mempunyai skor yang tinggi di pasaran dan yaitu pengobatan tradisional di China, Myanmar dan Australia.

Ikan ini tersebar di kawasan Kepulauan Aru (Maluku), Papua, dan Sulawesi. Umumnya ikan ini hidup di estuari, perairan pantai dan perairan sungai yang mempunyai kedalaman sampai 40 meter. Sama dengan ikan arwana, perdagangan internasional ikan ini dalam format apapun dilarang.

3. Pari Gergaji Besar (Pristis Pristis)

image

Ikan ini yaitu ikan yang kritis atau betul-betul terancam punah dan mempunyai kedewasaan serta kesuburan yang rendah. Ikan yang dilarang untuk diperdagangkan secara internasional ini berhabitat di dasar perairan estuari, sungai, danau dan perairan pantai dengan kedalaman sampai 60 meter.

Ikan ini tersebar di pantai timur Sumatera, kawasan perbatasan Indonesia-Australia dan pernah ditemukan di Danau Sentani, Jayapura.

Baca Juga:7 Binatang yang Paling Lama Hidup di Bumi

4. Ikan Raja Laut (Latimeria menadoensis)

image

Ikan ini yaitu ikan yang rentan akan ancaman kepunahan sebab pertumbuhan dan kesuburan yang rendah serta populasinya yang sedikit. Ikan ini tersebar di kawasan Raja Ampat (Papua Barat), Sulawesi Utara dan Biak. Sama dengan ikan-ikan yang disebutkan sebelumnya ikan ini tidak boleh diperdagangkan secara internasional.

5. Ikan Balashark (Balantiocheilos Melanopterus)

√ Ikan Bala Shark: Harga, Jenis, Tips Merawat, dan Cara Budidaya

Ikan ini yaitu ikan hias yang betul-betul populer dan mempunyai permintaan yang tinggi di kalangan pecinta ikan hias.  hal yang demikian menyebabkan penangkapan yang berlebihan sehingga ikan balashark rentan akan kepunahan. Ikan ini tersebar di kawasan Kalimantan dan Sumatera dan bisa ditemukan di rawa dan sungai berarus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>