Apa Ikan Air Tawar Terbesar di Dunia? Beratnya Bisa Sampai 2 Ton

Apa Ikan Air Tawar Terbesar di Dunia? Beratnya Bisa Sampai 2 Ton – Jika anda ditanya apa ikan air tawar terbesar di dunia? Jawabannya mampu beragam, mampu ikan mas, lele dumbo, atau pari air tawar. Nyatanya, ikan air tawar terbesar di dunia tidak hidup di Indonesia, melainkan di Sungai Detroit Michigan dan sejumlah sungai Asia dan Eropa.

Awalnya Sturgeon Detroit (Acipenser fulvescens) dinobatkan sebagai ikan air tawar terbesar di dunia. Butuh tiga pakar biologi untuk mengangkat ikan seberat 109 kilogram. Sturgeon detroit memiliki panjang nyaris 2,1 meter, ditangkap di Sungai Detroit, Michigan, Negara Bagian Amerika Serikat, bulan lalu.

Sturgeon Detroit kali ini diperkirakan berusia lebih dari 100 tahun. Namun, menurut Survei Geologi AS, ikan air tawar terbesar di jagat raya bukanlah Detroit, melainkan sturgeon beluga (Huso huso), yang hidup di pada Eropa dan Asia di Laut Hitam, Azov, dan Kaspia.

Sturgeon beluga mampu tumbuh bersama panjang menggapai 8 meter atau sekitar 4 kali lebih panjang dari Sturgeon Detroit. Ia memiliki berat menggapai 2.000 kilogram. Ketika dewasa, ikan Sturgeon beluga menjadi predator puncak, memakan ikan mas, burung air, bahkan anjing laut.

Beluga mampu hidup lebih dari 100 tahun dan berikan banyak sementara bagi mereka untuk tumbuh lebih besar lagi. “Jika anda berumur panjang, anda memiliki banyak sementara untuk makan,” kata Phaedra Doukakis, seorang analis kebijakan perikanan di National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), kepada Live Science.

Sturgeon sudah hidup sejak 250 juta tahun, berdampingan bersama dinosaurus. Beluga adalah yang terbesar dari 27 spesies sturgeon dan ikan dayung. Terlepas dari umurnya yang panjang, susah untuk menjelaskan bersama rinci kenapa beluga mampu tumbuh terlampau besar.

Kemungkinan, sturgeon bersama ukuran besar memiliki keberhasilan reproduksi lebih baik, barangkali termasuk sebab betina mampu membuahkan lebih banyak telur ketimbang sturgeon bersama ukuran kecil. Sturgeon beluga betina dapat menetaskan telur-telurnya di air tawar, meskipun sehabis dewasa mereka termasuk mampu tempati lingkungan air asin.

Menurut Leonardo Congiu, profesor ekologi di Padova University, Italia, ukurannya yang besar mampu mendukung mereka menangkap mangsa dan bertahan dari predator lain.

Baca juga: Daftar 100 Nama Ikan Laut yang Lengkap

Namun, sementara ini susah untuk mendapatkan beluga bersama ukuran lebih dari 7 meter. “Saya tidak berpikir tersedia beluga sebesar itu lagi. Spesies ini berada di bawah tekanan besar sebab perburuan dan barangkali seluruh beluga besar sudah ditangkap,” kata Congiu kepada Live Science.

Congiu dan timnya sudah menerbitkan makalah terhadap Januari 2021 perihal distribusi dan keragaman genetik populasi beluga di Jurnal Diversity and Distributions, bersama obyek memperkenalkan lagi Sturgeon beluga di sungai-sungai Italia sehabis ikan beluga punah di lokasi selanjutnya sebab penangkapan besar-besaran dan pembangunan bendungan di Italia.

Bagaimana tidak, telur betina beluga dewasa memiliki nilai menjual yang terlampau tinggi, seharga lebih dari 8.000 dolar AS per kilogram atau setara Rp 144 juta. Saat ini, Sturgeon beluga terdaftar sebagai spesies terancam punah dalam red list IUCN.

Adapun rekor ikan terbesar yang menghabiskan seluruh hidupnya di air tawar dipegang oleh Lele raksasa Mekong (Pangasianodon gigas), yang berasal dari sungai Mekong di Asia Tenggara.

 

Ikan lele ini mampu tumbuh sampai sepanjang 3 m bersama berat 293 kg. Sama layaknya beluga, lele mekong termasuk dianggap sebagai spesies terancam punah oleh IUCN akibat penangkapan berlebihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>